free page hit counter

Mahbub Daryanto: SKKNI Akan Tingkatkan Kepercayaan Terhadap Dana Zakat Masyarakat

Loading...

Suarasiber.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Mahbub Daryanto memandang pentingnya SKKNI (standar kompetensi kerja nasional Indonesia) bagi amil zakat.

“Dapat membangun profesionalisme pengelolaan zakat sehingga meningkatkan kepercayaan publik atas dana zakat masyarakat,” ujarnya saat membuka Capacity Building Amil Baznas se-Provinsi Kepri di Comforta Hotel Tanjungpinang, Sabtu (22/8/2022).

Kegiatan diikuti 35 peserta dari amil zakat Baznas Provinsi dan kabupaten/kota.

Disampaikan Mahbub, SKKNI tak luput dari upaya Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 30 Tahun 2021. Dikeluarkannya SKKNI oleh Kemenag dan Kemenaker bagi amil zakat merupakan bentuk penguatan ekosistem zakat di Indonesia seperti penguatan literasi, peningkatan pengumpulan zakat, perbaikan tata kelola zakat dan kepatuhan syariah, dan optimalisasi pendistribusian dan pendayagunaan.

“Mekanisme standarisasi kemampuan pengelola zakat ini diharapkan akan memudahkan proses perencanaan dan pengembangan yang dibutuhkan setiap lembaga,” harapan Kakanwil.

Kemenag, kara dia, memiliki peran pembinaan dan pengawasan kepada pengelola zakat yaitu meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

Untuk itu amil harus memiliki kompetensi dalam pengelolaan potensi zakat dengan melakukan identifikasi serta menetapkan orang yang berhak menerima manfaat dari zakat tersebut.

Pihaknya selalu mengingatkan transparansi pengelolaan zakat dengan melakukan audit kepatuhan syariah dan peraturan perundang-undangan terhadap lembaga amil zakat.

Menutup sambutannya, Mahbub mendoakan amil zakat Kepri dilindungi Allah SWT untuk mengemban amanah mengelola dana umat. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...