Panglima TNI Tegaskan Perlunya Kamera Pantau di Pulau Nipah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian berkunjung ke pulau terdepan, termasuk Pulau Nipah, Sabtu (27/7/2019). Kedua pejabat tersebut selanjutnya mengunjungi Polda Kepri.

Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan tiba melalui VVIP Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 09.30 WIB. Selanjutnya langsung memantau 22 pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Mereka menggunakan Helly Super Puma dan Helly EC 725 Caracal.

Setelah itu mengunjungi Pulau Nipah, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang. Batam, Kepri. Di sini Hadi Tjahjanto memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri bertugas di pulau terdepan.

“Bahwa rencana kunjungan ke Pulau Nipah sudah direncanakan sebelumnya untuk melihat langsung fasilitas apa saja yang harus kita tingkatkan. Hal ini karena pulau ini langsung berhadapan dengan kawasan internasional,” ujar Panglima TNI.

Untuk ditu diperlukan alat deteksi yang baik sehingga dapat memantau aktivitas atau niat yang kurang baik. Misalnya penyelundupan narkoba, miras dan sebagainya.

panglima tni dan kapolri di nipah 1
Foto – polda kepri

“Untuk penambahan personel masih dikaji, tetapi yang paling utama adalah peralatan radar termasuk kamera pantau dan peralatan-peralatan untuk mengidentifikasi,” sebut Hadi.

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan kedatangannya bersama Panglima TNI untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Dalam tugas pokoknya TNI adalah garda terdepan menjaga keutuhan wilayah NKRI namun tidak berarti unsur-unsur lain harus diam. Polri berusaha mendukung dengan berbagai upaya untuk menjaga keutuhan NKRI,” tegas Tito.

Usai kunjungan ini Panglima TNI dan Kapolri menuju Polda Kepri. Di sini kedua pejabat ini mendapatkan pemasangan tanjak dan pengalungan bunga oleh Ketua LAM Kepri, Abdul Razak.

Ditambahkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo , Panglima TNI dan Kapolri memberikan bantuan 2 sepeda motor untuk anggota TNI – Polri yang bertugas di Pulau Nipah serta bantuan lain berupa sembako. (mat)

Loading...