free page hit counter

Wonderful Indonesia 2020, Kepri Usulkan 16 Event

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Wonderful Indonesia berharap event yang sangat menjual dan bagus masuk ke dalam daftar kalender wisata tahun 2020 atau Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia.

Kegiatan imni dilaksanakan di Hotel Sparks Luxe, Jakarta pada tanggal 2-3 Oktober 2019 lalu. Beauty Contest kalender Wonderful Indonesia 2020 dibuka oleh Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

Festival Padang Melang. Foto – instagram.com/wonderfulkepri

Dalam sambutannya ia menjelaskan, Kemenpar telah menyusun formula dan strategi khusus promosi Wonderful Indonesia Event 2020. Ada 100 Wonderful Indonesia Events akan dipromosikan ke seluruh dunia, serta mendapatkan full support dan prioritas dari Kemenpar.

Dari 34 Provinsi se-Indonesia yang mengikuti seleksi event ini, Kemenpar hanya memilih 100 Best of the Best Events hasil kurasi. Selanjutnya 100 even unggulan tersebut dicetak dalam Buku Direktori Calendar of Events Wonderful Indonesia tahun 2020. Menteri Pariwisata (Menpar) akan me-launching secara langsung 100 even tersebut awal tahun 2020 di Jakarta.

Untuk masuk ke dalamnya, Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menyiapkan 16 event wisata unggulan yang diseleksi dari 7 kabupaten/kota di Kepri. Kadispar Kepri, Drs Buralimar MSi pun “jualan” di beauty contest bersaing dengan 33 Kadispar provinsi se-Indonesia.

Lima kurator mendenmgarkan pemaparan Buralimar. Mereka adalah Deny Malik, Don Kardono, Taufik Rahzen, Jacky Mussry, dan Eko PC.

Ikut mendampingi pada ajang bergengsi tersebut, adalah : Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bintan, Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Tanjungpinang, serta Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Natuna.

16 kegiatan wisata Kepri tahun 2020 yang diusulkan, adalah : (1).Festival Bahari Kepri, (2).Tour de Bintan, (3).Iron Man 70.3 Bintan, (4).Bintan Triathlon, (5).International Dragon Boat Race, (6).Festival Sungai Carang, (7).Festival Padang Melang, (8).Festival Pulau Penyengat, (9).Kenduri Seni Melayu, (10).Tour de Barelang, (11).Festival Tamadun Melayu, (12).Festival Gunung Daik, (13).Festival Senoa, (14).Dangkong Dance Festival, (15).Festival Barongsai, dan (16).Batam Jazz & Fashion.

Festival Pulau Penyengat. Foto – isntagram.com/perempuanunik

Sedangkan tahun 2018 lalu, sedikitnya ada 12 even yang diusulkan untuk Wonderful Indonesia Events 2019, yakni : (1).FBK, (2).Tour de Bintan, (3).Iron Man 70.3 Bintan, (4).Bintan Triathlon, (5).International Dragon Boat Race, (6).Festival Barongsai, (7).Kenduri Seni Melayu, (8).Batam International Culture Carnival, (9).Festival Barongsai, (10).Kenduri Seni Melayu, (11).Festival Pulau Penyengat, dan (12).Batam International Culture Carnival.

Sebanyak 6 even disetujui oleh Tim Kurator, yakni : (1).Festival Bahari Kepri, (2).Tour de Bintan, (3).Iron Man 70.3 Bintan, (4).Bintan Triathlon, (5).Batam International Culture Carnival, dan (6).Festival Pulau Penyengat. Bahkan Bintan Triathlon menjadi 10 Top Events Indonesia. Meski Kepri adalah Provinsi muda, namun sanggup mengalahkan Riau yang hanya berhasil meloloskan 3 even.

Selain mengusulkan 16 even unggulan Kepri 2020, Buralimar mengatakan jika Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau telah dan terus melakukan evaluasi, serta seleksi ketat terhadap even-even tahunan Kepri.

Tour de Barelang. Foto – instagram.com/saifanah

Lebih lanjut Buralimar menambahkan, jika Plt. Gubernur Kepri berharap pelaksanaan even di tahun 2020 bisa lebih maksimal lagi, dan bisa lebih memberikan manfaat terutama manfaat ekonomi masyarakat Kepri sesuai dengan Unsur 4C yang telah ditetapkan oleh Kemenpar, yakni : kreativitas (Creativity), nilai komersil (Commersial), nilai komunikasi (Communication), serta didukung oleh komitmen / keseriusan Kepala Daerah (Commitment) dalam mengembangkan pariwisata daerahnya.

Dengan event yang terseleksi akan semakin menggaungkan pesona Wonderful Indonesia. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •