Kemenpar Ajak Guru Ikut Kembangkan Wisata

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kementerian Pariwisata RI mengajak semua pihak, termasuk guru untuk terlibat dalam pengembangan destinasi wisata. Tentu saja dengan cara sesuai tugasnya sebagai guru.

Hal tersebut diwujudkan Kemenpar RI dengan menyelenggarakan Pelatihan SDM Kepariwisataan bagi Guru. Kegiatan berlangsung di Ballroom MG Setos Hotel Semarang, Kamis (23/5/2019).

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan kegiatan pelatihan bagi guru diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai dampak ekonomi dari aktivitas pariwisata.

Selanjutnya guru diharapkan dapat menjadi kader sekaligus agen perubahan dalam pengembangan kepariwisataan.

“Insan guru nantinya dapat memahami alur proses dan bisnis pariwisata serta mempunyai pengetahuan yang khusus. Dan tahu dengan jelas mengenai suatu tempat atau obyek wisata sehingga dapat menerangkan lebih detil kepada wisatawan baik wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara,” kata Giri, dilansir dari kemenpar.go.id.

Sementara Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dasar SDM kepariwisataan. Khusuanya bagi guru yang selama ini memiliki andil dan peran penting dalam dunia pendidikan bagi masyarakat. Terutama di sekitar destinasi di wilayahnya.

Peserta kegiatan ini 200-an guru di jawa Tengah. Narasumbernya para pejabat kepariwisataan baik dari provinsi maupun pusat. Termasuk juga Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata Indonesia, Andi Yuwono. (man)

Loading...