Pemanfaatan Pekarangan Rumah bakal Libatkan Instansi Lain

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Bintan, Deby Maryanti tidak akan sendiri menyosialisasikan pemanfaatan pekarangan rumah agar bisa bernilai ekonomis. Direncanakan kegiatan ini melibatkan instansi terkait.

Saat meninjau Dasa Wisma Anggrek, Kampung Siantan, Desa Tembeling, Teluk Bintan, Kamis (5/4/2018) pagi kemarin, Deby melihat berbagai jenis tanaman bernilai ekonomi tinggi yang ditanam di pekarangan rumah warga.

Di desa ini, warga memanfaatkan pekarangan untuk menanam tomat, cabai, rosela, kangkung, jeruk nipis, sup, jahe dan kacang-kacangan. Tanaman tersebut, tidak hanya ditanam pada media polybag, melainkan juga menggunakan media daur ulang sampah seperti botol plastik dan serabut kelapa.

“Peninjauan ini komitmen saya untuk selalu monitoring ke PKK di tingkat kelurahan/desa. Peninjauan diselaraskan dengan penilaian untuk lomba UP2K dan Hatinya PKK,” ujarnya.

Menurut Deby, program pemanfaatan pekarangan rumah, tidak hanya melalui program PKK. Namun, bakal melibatkan instansi terkait, guna memberikan penyuluhan dan menyediakan bibit kepada para ibu rumah tangga. Sehingga, wawasan dan bibit bantuan OPD terkait itu, bisa ditanam di lahan perkarangan rumah.

“Dengan demikian, bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Deby (mat)

Loading...