Kepri Provinsi Terbanyak Miliki Bandara

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Selain Papua, Provinsi Kepri adalah pemilik bandar udara (bandara) terbanyak di Indonesia. Bandara itu ada di setiap kabupaten dan kota.

Bahkan, ada satu daerah yang punya tiga bandara sekaligus, yaitu Kabupaten Anambas yang punya Bandara Matak, Bandara Letung dan Bandara Pulau Bawah, khusus untuk pesawat amfibi.

Di Kabupaten Natuna ada Bandara Ranai. Di Karimun ada Bandara Seibati, dan di Lingga ada Bandara Dabo. Sedangkan di Batam ada Bandara Internasional Hang Nadim, dan di Tanjungpinang ada Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah.

Ada 8 bandara yang seluruhnya aktif untuk melayani aktivitas penerbangan. Selain ke-8 bandara tersebut dalam waktu dekat ada 2 bandara yang bakal selesai dibangun.

Keduanya, adalah Bandara Busung di Kabupaten Bintan. Dan, Bandara Tambelan di Pulau Tambelan, Kabupaten Bintan.

Kadis Perhubungan Provinsi Kepri Jamhur, ketika dikonfirmasi suarasiber, kemarin, membenarkan Provinsi Kepri sebagai salah satu provinsi yang paling banyak bandaranya.

Kondisi geografis Kepri sebagai daerah kepulauan menjadi salah satu penyebabnya. Bandara menjadi infrastruktur penting untuk melaksanakan pembangunan. (mat)

Loading...