Setiap Kades Diminta Siapkan 5 Hektare untuk Kebun Buah Lokal

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Tak banyak yang tahu jika Ketua HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengembangkan perkebunan contoh buah lokal seluas 50 hektare di Tanah Putih, Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat. Melihat hasilnya, Bupati Lingga yang juga Ketua HKTI Kepri pun ingin mengembangkannya di setiap desa, meski skalanya lebih kecil.

Moeldoko sendiri berharap apa yang dikembangkan oleh KHTI Pusat di Lingga bisa memotivasi masyarakat setempat untuk menggalakaan penanaman buah lokal. Ia juga senang perkembangan buah lokal yang ditanam cukup bagus.

“Luar biasa, progresnya lebih cepat dari yang diperkirakan,” ungkap Moledoko usai mengunjungi lokasi perkebunan buah lokal tersebut, Minggu (11/3/2018).

 

Secara terpisah, Ketua HKTI Kepulauan Riau, Alias Wello mengatakan 50 hektare kebun percontohan buah lokal yang dikembangkan Ketua HKTI Pusat merupakan respon atas permintaan Presiden Jokowi, agar setiap daerah menyediakan lahan seluas 5 – 50 hektar untuk perkebunan buah lokal.

“Ini sudah kita laksanakan. Kebetulan, Ketua Umum HKTI, Bapak Moeldoko, sangat mendukung program ini. Semua biaya, mulai dari penyiapan lahan sampai pengadaan bibit unggul, dibantu beliau,” kata Alias yang juga menjabat sebagai Bupati Lingga ini.

Melihat pertumbuhan tanaman buah – buahan lokal yang dikembangkan Ketua Umum HKTI di Tanah Putih itu cukup bagus, ia pun meminta para Kepala Desa di wilayah kerjanya agar menyiapkan lahan minimal 5 hektare untuk perkebunan buah – buahan lokal. Soal bantuan pengadaan bibit, Ia berjanji akan berkoordinasi dengan HKTI Pusat dan Kementerian Pertanian.

“Di sini ada beberapa varietas buah lokal yang sudah kita kembangkan. Seperti, sirsak madu, jambu kristal, belimbing dewi, nangka, mangga dan lainnya. Nanti, setelah produktivitasnya sudah mulai bagus, kita akan berikan pelatihan penanganan pasca panen. Sehingga buah yang dihasilkan betul – betul sesuai standar pasar ekspor,” jelasnya.

Sementara Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi memuji perkebunan contoh buah lokal yang dibangun Ketua HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Ia pun menambahkan, sebenarnya masyarakat Lingga beruntung atas apa yang dibangun Moeldoko.

Penerima penghargaan dari Bapati Lingga atas dedikasinya memotivasi masyarakat Lingga lebih mencintai dunia pertanian ini melihat prospek pengembangan buah lokal di Lingga cukup menjanjikan. Ditambah daerah ini dekat dengan Malaysia dan Singapura. (mat)

Loading...