“Kuasai Dunia” setiap Hari Libur di Laman Boenda, Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pepatah lama itu bunyinya membaca adalah jendela dunia. dengan membuka jendela lebar-lebar, dunia akan ada dalam genggaman. tentu saja yang dimaksud di ini adalah menguasai informasinya.

Lingkar Literasi Tanjungpinang atau juga disebut Perpustakaan Jalanan Tanjungpinang mencoba melakukan kegiatan apik setiap Sabtu dan Ahad di Laman Boenda, Tepi Laut, Tanjungpinang. Mereka menggelar buku dengan beragam kategori untuk dibaca masyarakat.

Sementara ayah ibu membaca buku, biarkan buah hati belajar menggambar atau mewarnai. f-istimewa

Ada lima remaja yang menjadi punggawanya. Salah satunya Ben yang selalu ramah mempersilahkan warga untuk mendekat dan memilih buku yang ingin dibacanya. Perpustakaan jalanan ini mulai digelar pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Kelompok ini tak hanya menyasar golongan remaja atau dewasa agar terbiasa membaca. Untuk anak-anak, mereka menyediakan kertas gambar yang bisa digunakan anak-anak untuk corat-coret atau mewarnai.

“Kami menanamkan budaya membaca. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat,” tuturnya kepada suarasiber.com, sore itu.

Rekan Ben, Rahmad menyebut kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan. Ia menyebut, serbuan gadget membuat buku semakin ditinggalkan. “Padahal membaca itu melatih literasi berpikir. Menambah wawasan. Selain pendidikan formal kita juga butuh pendidikan nonformal seperti yang kami sediakan ini buku buku untuk mengetahui ilmu yang lain. Dunia ini luas banyak yang belum kita ketahui,” ujarnya.

Baca Juga:

STIE Pembangunan Ungkap Tradisi Warga Penyengat Terdahulu lewat Jelajah Warisan

Kiprah Tulus GenPI Tanjungpinang Viralkan Destinasi Wisata Digital

Tahukah Anda Apa Itu Hot Deals di Dunia Pariwisata?

Tanggapan beberapa warga yang membaca buku di alam terbuka positif. Seperti disampaikan Dani, mengakui kegiatan Lingkar Literasi Tanjungpinang menjadi pilihan penggemar buku.

“Karena kalau weekend kan perpustakaan daerah tutup, ini bisa menjadi pengalih tempat, sementara tujuannya sama yaitu membaca,” akunya.

Kegiatan Lingkar Literasi Tanjungpinang bisa dilihat masyarakat melalui akun Instagram @lingkarliterasitnj dan @perpusjalanan_tnj.

Anda memiliki buku bekas yang hanya menyesakkan rak atau ruangan di rumah? Lingkar Loterasi Tanjungpinang dengan senang hati menerima bantuan buku bacaan dari masyarakat. Buku apa saja yang sesuai untuk dibaca tentu saja.

Hubungi saja Ben di 085920383636. (mat)

“Harapan kami dengan adanya ini menambah minat pembaca terutama kalangan pemuda dan mahasiswa. Karena mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Mau bagaimana bangsa ini ke depan jika pemuda dan mahasiswanya hanya terlena dengan teknologi,” pungkas Ben diamini Rahmad. (eko)

Loading...