free page hit counter

PWI Tanjungpinang Siapkan Piala Bergilir dan Uang Pembinaan di Lomba Tulis dan Foto Budaya

Loading...

Suarasiber.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang sedang menyiapkan beragam gawe untuk memperingati 74 tahun Hari Pers Nasional (HPN), 9 Februari 2022.

Khusus bagi pelajar SMA atau SMK sederajat di Kota Tanjungpinang bisa mengikuti Lomba Menulis dan Foto Budaya. Karya terbaik akan mendapatkan piala bergilir PWI Tanjungpinang. Juga ada uang pembinaan atas apresiasi prestasi.

Lomba ini mendapat dukungan dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepri dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Ketua Pelaksana HPN 2022 PWI Tanjungpinang, Chalima Chalik mengatakan satu sekolah boleh mengirimkan 5 peserta. Dan setiap peserta diperkenankan mengirimkan karya maksimal 2 buah.

Icha, panggilan akrab Chalima Chalik menambahkan, teknis lomba akan dikirimkan ke setiap sekolah yang ada di Tanjungpinang.

“Kami akan menyurati setiap sekolah agar siswa/siswinya bisa mengikuti lomba ini,” ujar Icha, Senin (17/1/2022).

Ia berpesan, panitia tidak akan menolerir karya hasil jiplakan, terjemahan, saduran dan rangkuman. “Catat, harus asli karya sendiri dan kirimkan ke email [email protected],” tambahnya.

Naskah lomba tulis juga akan dinilai penguasaan peserta menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tahapan Lomba Menulis dan Foto Budaya sebagai berikut:

  • Proses pengumpulan karya dimulai sejak 20 Januari sampai 01 Februari 2022
  • Proses penjurian akan dilaksanakan pada 01 Januari – 03 Februari 2022
  • Rapat pleno 08 Februari 2022.
  • Pengumuman pemenang lomba 9 Februari 2020.

Sementara Ketua PWI Tanjungpinang, Amril berharap Lomba Menulis dan Foto Budaya ini mampu meningkatkan literasi khususnya menulis budaya bagi pelajar SMA/SMK di Kota Tanjungpinang.

Sosialisasi Pemilu dan Jalan Santai

HPN pada tahun ini juga disemarakkan agenda lain yang tengah dipersiapkan. Ada penandatangan kerja sama penyebarluasan informasi tahapan Pilpres, Pilkada dan Pileg serentak dengan KPU Kota Tanjungpinang.

Belum lama ini KPU Tanjungpinang dan PWI bertemu untuk membahas sosialisasi Pemilu di media. Dan penandatanganan kerja sama ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan tersebut.

Kegiatan lain yakni jalan santai yang melibatkan masyarakat. Namun jalan santai ini juga dibareng pembelajaran peduli lingkungan.

“Sambil jalan santai peserta diimbau membersihkan sampah di sepanjang rute yang dilalui,” terang Icha.

Ketua PWI Tanjungpinang Amril Agin berharap kegiatan HPN 2022 di Tanjungpinang terlaksana sesuai rencana. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...