Warga Desa di Tuban Borong 176 Mobil Baru, Duitnya dari Mana Ya?

Loading...

Suarasiber.com – Sedikitnya ada 176 mobil baru yang dikirimkan showroom ke rumah warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Saat ini video pembelian mobil baru oleh warga desa ini viral dan tersebar di berbagai platform media sosial.

Mobil-mobil baru tadi datang hampir bersamaan. Tak pelak, aparat kepolsian pun dibuat sibuk dan melakukan pengawalan.

Menurut Kades Sumurgeneng, Gihanto, banyak warga desanya membeli mobil setelah uang ganti rugi tanahnya keluar. Ganti rugi datang dari grass root refinery (GRR) kilang minyak yang melibatkan Pertamina dan perusahaan asal Rusia, Rosneft.

Sampai Selasa (16/2/2021) sudah ada 176 mobil baru dibeli warga desanya. Ada satu warga yang membeli lebih dari satu mobil baru.

Salah satu video diunggah oleh medsos tiktok.com/@rizkii.02 pada Minggu (14/02/2021). Ia menuliskan: “Satu desa borong mobil, mantapp..!!”

Informasinya, harga ganti rugi tanah milik warga Rp680.000 per meter persegi. Di Desa Kaliuntu ternyata ada tiga bidang lahan dari tiga pemilik yang luasnya 0.562 hektare.
Kemudian di Desa Wadung ada 42 bidang dengan 37 pemilik, total luasnya mencapai 10.273 meter persegi.

Terakhir, di Desa Sumurgeneng yang baru saja memborong mobil, ada 79 bidang tanah dengan 59 pemilik dengan total luasnya 21.410 meter persegi. Bila dikalikan, maka uang ganti rugi yang masuk ke desa ini mencapai Rp14,6 miliar. (mat)

Loading...