Info Gres, Api Abadi Mrapen Padam Total

Loading...

PURWODADI (suarasiber) – Api abadi Mrapen, Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah dikabarkan padam total. Padahal selama ini tetap menyala dalam berbagai kondisi.

Api abadi Mrapen menjadi tempat dinyalakannya api PON, juga menjadi lokasi wisata yang cukup dikenal.

Setiap tahun, api abadi dari Mrapen ini juga digunakan untuk obor upacara Hari Raya Waisak bagi umat Buddha.

Berada di Desa Manggarmas, kabar padamnya api abadi Mrapen sudah sejak sepekan lalu.

“Sudah padam sepekan ini, dan belum menunjukan tanda – tanda nyala api,” kata Kepala Desa Manggarmas, Mufid Jumat (2/10/2020) seperti dilansir dari detik.com.

Mufid menyabut api abadi Mrapen itu padam secara bertahap. Awalnya, api terlihat meredup karena kandungan gas yang keluar diperkirakan berkurang.

Namun, api abadi Mrapen itu benar-benar padam pada Jumat (25/9/2020) lalu. Mufid pun memberitahu padamnya api ke instansi terkait. Juga sudah ada tim yang turun ke lapangan.

Sementara itu, Kasi Energi Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan, Sinung Sugeng Arianto mengaku masih mengecek tentang padamnya api abadi tersebut. Pihaknya masih di lapangan untuk melihat kondisi api abadi Mrapen yang padam.

“Ini saya masih turun di lapangan. Masih kita teliti penyebabnya,” kata Sinung.

Sinung mengaku sudah melakukan pengecekan awal. Hasilnya tidak tercium bau gas dari titik api abadi tersebut.

Kajian mendalam akan dilakukan terkait padamnya api abadi Mrapen. Sebelumnya, dilaporkan ada semburan air bercampur gas saat pengeboran sumur yang berlokasi tak jauh dari api ini, Sabtu (12/9).

Meski semburan berhasil ditutup warga desa, namun air dan gsanya masih merembes. Namun Sinung tidak berani memastikan apakah peristiwa tersebut berkaitan dengan padamnya api abadi Mrapen. (mat)

Loading...