Polres Karimun Laksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2024

Loading...

Suarasiber.com – Polres Karimun menggelar pasukan Operasi Ketupat 2024 yang dilaksanakan di lapangan apel Bhayangkara Polres Karimun untuk memastikan kesiapan seluruh personel mewujudkan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H, berjalan aman dan nyaman, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan apel gelar operasi ketupat ini dipimpin oleh Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si. Didampingi oleh Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H, dan dihadiri oleh Ketua DPRD Karimun, Dandim 0317 Tbk, Danlanal Tbk , PJU Polres Karimun, Kapolsek Daratan serta instansi terkait lainnya.

Kapolres Karimun bersama wakil Bupati Karimun melakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari satuan gabungan apel gelar pasukan merupakan wujud nyata sinegritas Polri dengan Stakholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H dan operasi ketupat Polres Karimun tahun 2024 ini disenggelarakan mulai tanggal 04 – 16 April 2024.

Dalam amanatnya Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si. membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Ops Ketupat 2024 sebagai Komitmen nyata sinergitas TNI Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka Pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H,” ujarnya, melansir rilis resminya.

Selanjutnya, dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Demi kelancaran arus mudik dan balik maka dilakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak, pupuk dan bapokting. Pastikan kendaraan-kendaraan tersebut dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan. Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan.

Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman.

“Sedangkan pelaksanaan di Kabupaten Karimun, Polres Karimun telah mendirikan pos yang terdiri dari 7 (tujuh) pos pengamanan, 7 (tujuh) pos pelayanan dan 1 (satu) pos terpadu di pelabuhan domistik. Polres Karimun sendiri mengerahkan 250 personel yang tergabung dalam pesonel Polres serta instansi terkait lainnya dalam melaksanakan pengamanan ketupat sejak tanggal 04 April sampai dengan 16 April 2024,” ungkap Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H.

“Mari kita laksanakan operasi ini dengan penuh tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat, tingkatkan semangat dan rasa kebersamaan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 dan saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel TNI-Polri, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024, Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus, S.I.K., M.H. (***)

Loading...