Optimis Berkembang, Arran Single Malt Masuk di Indonesia

Loading...

Suarasiber.com, Jakarta – Arran Single Malt Kini Hadir di Indonesia. Merek Scotch Whisky dari Scotlandia memberikan pilihan atas kualitas produk terbaik dan ekspektasi minuman wiski yang berbeda pada umumnya.

Arran Single Malt menggelar acara Grand Launching di IZZY Social Club di Jakarta Selatan, Rabu 6 Maret 2024.

Acara ini merupakan salah satu dari sekian banyak program aktivasi yang dilakukan Arran untuk mengukuhkan kehadirannya di Indonesia. Turut dihadari Chief Principal Arran Single Malt Perwakilan Indonesia Edhi Sumadi dan didampingi Head of Asia Pasific and brand ambassador Arran Single Malt Rob Gray.

Chief Principal Arran Single Malt Perwakilan Indonesia Edhi Sumadi mengungkapkan produk Arran Single Malt dapat menjadi alternatif bagi para pecinta whisky lantaran telah mendapatkan beberapa penghargaan. Selain itu produk Arran Single Malt di Indonesia juga masih terbatas di pasaran dan diharapkan kedepannya produk Single Malt ini dapat tumbuh dan berkembang.

“Semua barang yang baru masuk dari segi target masih limited, jadi kita juga mengharapkan dalam beberapa bulan dan tahun kedepannya produk Arran Single Malt bisa tumbuh lebih baik, tapi so far dalam 2 bulan terakhir ini respon dari outlet dan konsumer cukup baik dan semoga bisa menjadi salah satu produk singlemalt yang dominan bukan hanya di Indonesia tapi juga global,” jelasnya dalam acara Grand Launching Arran Single Malt, Jakarta Rabu 6 Maret 2024.

Menurut Edhi produk Arran Single Malt sudah tersebar di beberapa outlet di kawasan SCBD dan salah satunya adalah IZZY Social Club di Jakarta Selatan yang merupakan supporter pertama saat produk Arran single malt tiba di Indonesia.

“Ada beberapa outlet lainnya sekitar 30 outlet, jadi saya rasa makin hari makin banyak outlet yang tertarik untuk menjual produk ini kepada produk pecinta whisky,” tuturnya.

Edhi menyampaikan kehadiran Arran Single Malt di Indonesia akan memberikan para pecinta wiski pilihan yang lebih banyak dan lebih baik terhadap single malt yang memenuhi preferensi berbeda dalam hal rasa, aroma, dan kualitas.

“Saya yakin Arran Single Malt akan memberikan jawaban atas kualitas produk terbaik dan ekspektasi peminum wiski pada umumnya dan single malt pada khususnya. Mari kita rayakan bersama grand launching Arran Single Malt di Jakarta! Slainte!“ ujar Edhi.

Adapun, Arran memiliki sejarah yang relatif muda dibandingkan dengan berbagai merek Scotch Whisky di Skotlandia. Didirikan pada tahun 1994 oleh Harold Currie, seorang veteran Perang Dunia II, ketika ia membangun Pabrik Penyulingan Lochranza di Pulau Arran.

Lochranza terletak di ujung utara pulau dan dipilih karena kualitas air di wilayah tersebut paling tinggi. Pada tahun 2019, mereka membuka penyulingan kedua yang disebut Penyulingan Lagg, dan digabungkan menjadi tempat yang sekarang dikenal sebagai Penyulingan Arran.

Pulau Arran adalah rumah bagi air paling murni di seluruh Skotlandia. Air jernih mengalir ke bawah dan melalui enam air terjun yang semakin memurnikan airnya. Kemurnian air ini membuat penyuling dapat menghasilkan whisky yang manis bersih yang sepenuhnya alami dan murni.

Selain itu, Arran menikmati iklim mikro yang hangat dengan suasana angin laut dan udara pegunungan yang jernih, bersama dengan aliran Arus Teluk yang hangat sangat ideal untuk pematangan single malt yang cepat.

Proses penyulingan wiski Arran menggunakan barley konser dan air dari Loch na Davie. Mereka kemudian dicampur bersama dan dimasukkan ke dalam pencucian kayu dengan ragi untuk memulai fermentasi. Cairan tersebut kemudian disuling ganda dan dimatangkan dalam tong kayu ek, yang memberi warna dan karakter pada wiski.

Setelah mencapai usia yang diinginkan, wiski Arran dikemas dalam botol dengan ABV 46 persen atau cask strength, tanpa pewarna buatan. Meskipun sebagian besar wiski disaring dingin karena alasan penampilan, namun Arran tidak. Alasan tidak disaring dingin adalah karena Arran ingin mempertahankan semua nuansa halus aroma dan rasa yang merupakan bagian dari karakter wiski.

Arran Single Malt memiliki 4 varian produk yang tersedia di Indonesia yaitu; Arran Barrel Reserve, Arran 10 Tahun, Arran Quarter Cask, dan Arran Sherry Cask. (***)

Loading...