Pemerintah Kabupaten Lingga Tawarkan Kawasan Industri Sebayur

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Tahukah Anda bahwa Pemkab Lingga memiliki sebuah kawasan industri? Jika selama ini orang hanya mengenal Kawasan Industri Batam, Bintan, Karimun (BBK), kehadiran kawasan industri yang mulai ditawarkan Pemkab Lingga bisa menjadi alternatif.

Kawasan Industri Sebayur adalah lokasi yang kini mulai rencana pembangunannya mulai diperkanalkan oleh Pemkab Lingga. Kawasan industri ini terletak di Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

Sejumlah investor saat mengunjungi Sebayur yang direncanakan Pemkab Lingga sebagai sebuah kawasan industri alternatif selain Batam, Bintan, karimun (BBK). F-humas lingga

“Bagi calon investor yang menginginkan ketenangan dalam berinvestasi, silakan datang ke Lingga. Tahun ini, kami sudah memulai rencana pengembangan kawasan industri Sebayur dengan segala keunggulannya,” ungkap Bupati Lingga, Alias Wello, di Jakarta, Rabu (13/11/2018).

Menurut dia, posisi geografis Kabupaten Lingga yang berbatasan langsung dengan tiga provinsi, yakni Riau, Jambi dan Bangka Belitung, merupakan keunggulan komparatif yang dimiliki kawasan industri Sebayur dibandingkan dengan kawasan industri lainnya.

“Apalagi, pemerintah mulai mendorong kebijakan pengembangan perwilayahan industri di luar Pulau Jawa. Ini peluang emas bagi Lingga untuk menawarkan keunggulan komparatif kawasan industrinya. Kita punya air bersih yang melimpah, lahan yang cukup luas dan jauh dari pemukiman masyarakat,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Lingga masa bakti 2004 – 2009 yang akrab disapa Awe itu meyakini, Kawasan Industri Sebayur yang diproyeksikan seluas 3.000 hektar tersebut memiliki prospek cerah untuk berkembang menjadi kawasan industri yang diperhitungkan di wilayah perbatasan Singapura dan Malaysia.

[irp posts=”12605″ name=”Janjian ke Singapura Bersama, Rupanya Akal Bulus Semata”]

[irp posts=”12602″ name=”Mengapa Fokus di Darat? Potensi Laut Kepri Sungguh Luar Biasa”]

[irp posts=”12597″ name=”Pertamina Turunkan Pasokan Solar di Batam karena Lonjakannya tidak Wajar”]

“Lingga ini punya potensi sumber daya alam yang melimpah. Ada belasan air terjun yang mengalir sepanjang masa, ada lahan pertanian, perkebunan, peternakan yang cukup luas, ada kandungan bahan tambang, seperti timah, bauksit, bijih besi, granit, pasir silica dan pasir bangunan. Ini semua menjadi daya tarik tersendiri bagi Lingga,” imbuh Bupati.

Ia tak menampik jika dalam pelaksanaan pembangunan kawasan industri Sebayur nantinya dapat dikerjasamakan antara pemerintah dan badan usaha sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor: 38 Tahun 2015 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur.

“Dalam sebuah Focus Group Discussion (FGD) kemarin, kita sudah bicara dengan teman – teman dari Kementerian Keuangan dan Bappenas mengenai bentuk dan mekanisme Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) ini. Soal layanan administrasi perizinan, saya pastikan lebih mudah, cepat dan gratis,” jelas Awe. (mat)

Loading...