free page hit counter

Ini 16 Program Prioritas dan 5 Program Strategis Paslon Nomor Urut 2 Alias Wello – Dalmasri Syam

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Pasangan calon nomor urut 2, Alias Wello – Dalmasri Syam menyampaikan visi misi di DPRD Bintan, Rabu (21/10/2020). 

Visi misi pasangan calon nomor urut 2 diawali oleh Dalmasri Syam cawabup Bintan. Dan, ditutup oleh Alias Wello cabup Bintan. 

Dalam visi misinya, adalah Menjadikan Bintan sebagai Kabupaten yang unggul di bidang inovasi agropolitan dan kemaritiman serta mendorong/meningkatkan sektor industri, pariwisata, perdagangan, jasa dan pelayanan umum menuju masyarakat sejahtera berbudaya dan agamis. 

Ada 16 program prioritas dan 5 program strategi, yang disiapkan Alias Wello – Dalmasri Syam, untuk meraih visi misi itu. Berikut program-program tersebut.

Program Prioritas:

1. Memulihkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bintan pasca-pandemi Covid-19 melalui percepatan sektor padat karya yang akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

2. Mencipatakan lapangan kerja baru minimal 10.000 orang pada sektor industri dan padat karya melalui peningkatan keterampilan dan keahlian angkatan kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal dan regional.

3. Memacu pertumbuhan budidaya perikanan di darat dan pantai melalui penciptaan kampung – kampung budidaya, seperti kampung Vannamei dan Bandeng untuk mendukung sektor pariwisata berbasis masyarakat yang adil dan merata.

4. Meningkatkan kesejahteraan penyelenggara pendidikan dan kesehatan melalui peningkatan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP), khususnya untuk seluruh guru, dokter, bidan dan perawat.

5. Meningkatkan jumlah alokasi dana dan memperbanyak penerima beasiswa kepada pelajar berprestasi, khususnya dari keluarga kurang mampu dan kawasan pesisir, serta pulau – pulau kecil.

6. Menyediakan asuransi nelayan dan petani, memberi keterampilan tambahan dan mendorong penggunaan pompong tenaga matahari untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan BBM.

7. Membangun ketahanan ekonomi melalui intensifikasi dan mekanisasi sektor pertanian, perikanan, dan peternakan untuk menjamin ketersediaan pangan dengan kualitas yang baik serta mendorong modernisasi sektor pariwisata sebagai fondasi kesejahteraan di masa depan.

8. Memfasilitasi ide kreatif-inovatif generasi muda untuk ikut serta membangun perekonomian sesuai dengan keunggulan komparatif Kabupaten Bintan dan kebutuhan pasar tenaga kerja di Kepulauan Riau.

9. Meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Bintan dengan mengembangkan inovasi dan kreatifitas berbasis kemasyarakatan yang mengutamakan peran pengusaha lokal dan generasi milenial.

10. Mempercepat pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kawasan-kawasan ekonomi baru serta daerah terpencil dan pulau-pulau, termasuk penyediaan infrastruktur listrik dan air untuk memicu pertumbuhan investasi

11. Mewujudkan kawasan industri dan perdagangan yang berwawasan lingkungan, mendukung pengintegrasian kawasan darat, pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dalam Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ) Bintan.

12. Menata kantong-kantong kemiskinan di kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil dan memperbanyak program renovasi Rumah Tangga Layak Huni (RTLH), serta jaminan ketersediaan air minum dan sanitasi yang baik bagi seluruh masyarakat.

13. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efisien dan efektif, serta pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan pembiayaan pembangunan yang inovatif untuk memastikan pembangunan Kabupaten Bintan berjalan secara adil dan merata serta menjangkau daerah-daerah pesisir dan kepulauan.

14. Memfasilitasi penyelesaian permasalahan lahan dan kawasan hutan lindung yang berada di tengah-tengah permukiman masyarakat dan mendorong pemberdayaan masyarakat penerima redistribusi tanah dan legalisasi aset.

15. Melakukan pemugaran Istana Kota Kara sebagai pusat sejarah berdirinya Kerajaan Melayu Bintan sekaligus sebagai simbol pembangunan masyarakat yang berbudaya, beriman dan bertaqwa serta mengedepankan kerukunan antar umat beragama.

16. Mengadakan kunjungan rutin ke pelosok-pelosok dan berdiskusi langsung dengan pelaku usaha, petani, peternak, nelayan, dan kelompok-kelompok masyarakat untuk memastikan Bupati dan Wakil Bupati serta wakil rakyat lainnya untuk mendapatkan masukan langsung dari masyarakat dan memahami persoalan nyata di lapangan.

Program Strategis:

1. Mendorong pemekaran wilayah kecamatan, kelurahan, dan desa untuk mewujudkan pemerataan anggaran pembangunan dan optimalisasi pelayanan publik.

2. Mendorong pembangunan infrastruktur secara terintegrasi serta mempercepat konektivitas dan kerja sama antar wilayah Bintan, Tanjungpinang, Batam, dan Lingga demi menciptakan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja baru.

3. Menciptakan cluster pertumbuhan ekonomi baru, untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan akselerasi sektor ekonomi daerah Kabupaten Bintan.

4. Menginisiasi Koridor Ekonomi Selatan-Tenggara yang mencakup kerjasama strategis Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Lingga untuk secara bersama-sama mempercepat pembangunan ekonomi regional yang akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

5. Mendukung agenda strategis perluasan wilayah Kota Tanjungpinang agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan haknya untuk dilayani oleh pemerintah. (mat)

Loading...