Baznas Serahkan 300 Paket Sembako untuk Duafa di Kota Batam

Loading...

Suarasiber – Batam – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/ 2024 M, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri dan Baznas Kota Kota Batam menyalurkan 300 paket sembako untuk duafa, fakir dan miskin yang ada di Kota Batam.

Pembagian paket sembako yang berisi beras 5 kilogram (Kg) tepung, gula pasir, minyak goreng, susu kental manis dan teh ini, digelar di Masjid Al-Baqa, Perumahan Bukit Kemuning, Kelurahan Mangsang, Kecamatan Sei Beduk, Batam ini mengusung tema ‘Ramadan Bahagia Bagi Duafa’ Kamis (7/3/2024) pagi.

Ketua Baznas Kota Batam, Muhith, M.Ag menegaskan, terselengaranya penyerahan paket sembako ini merupakan sinergi antara Baznas Provinsi Kepri dan Baznas Batam guna memberikan kebahagian kepada masyarakat Batam yang membutuhkan, terutama dalam momen menyambut Ramadan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas adanya sinergitas ini. Walaupun kita semua berharap dan keinginannya ada sekitar 1.000 hingga 3.000 paket sembako bisa diserahkan dan disantuni untuk warga yang membutuhkan di Batam,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kepri, Drs. KH. Arusman Yusuf, MHI menegaskan bahwa program pembagian bantuan semabko ini merupakan agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun.

Di mana sebelumnya dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, kini dilakuakn memasuki bulan suci Ramadan, sehingga bisa benar-benar bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

“Penyerahan bantuan sembako ini, merupakan ketiga kalinya digelar. Sebelumya digelar di Tanjungpinang dan Bintan. Dan tahun ini Baznas Provinsi Kepri membagikan 1.200 paket sembako yang diserahkan di beberapa Kota di Provinsi Kepri. Dan dahulu, kegiatan ini kita laksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri, namun karena ada pertimbangan lainnya makanya pembagian paket sembako ini disalurkan sebelum Ramadan. Mudah-mudahan hal ini bisa meringatkan beban bapak dan ibu menjelang Ramadan,” tegasnya.

Pihaknya pun menyadari, apa yang diserahkan ini tidak bisa mencukupi dan memadai. Namun demikian, perlu disyukuri, mengingat hal ini merupakan bentuk kepedulian dari pemberi zakat untuk masyarakat.

“Jadi jangan dilihat nilai isinya, tapi yang terpenting adalah kepedulian dari Baznas dan terkhusus para pemberi zakat yang dititipkan kepada kami guna membantu sesama,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Batam Jefridin mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan Baznas Provinsi Kepri dan Baznas Kota Batam dalam membantu sesama.

“Saya atas nama Pemeritah Kota Batam, mengucapakn terima kasih kepada Baznas Provinsi Kepri dan Baznas Kota Batam yang turut berbagi kepada masyarakat Kota Batam yang membutuhkan. Kami berdoa untuk pemberi zakat untuk bisa terus berkomitmen menyalurkan zakat yang nantinya bisa membantu sesama,” jelasnya.

Untuk di Pemkot Batam sendiri, tegasnya, hampir semua ASN mulai dari pejabat Wali Kota, Wakil Wali Kota Batam, Sekretaris Daerah hingga tingkat lurah sudah diwajibkan untuk berzakat. Dengan secara otomatfis dipotong gajinya yang secara langsung masuk dalam rekening Baznas guna membantu sesama.

“Di Pemkot kita ada namanya zakat profesi, sehingga gaji setiap bulan secara langsung dipotong yang diserahkan ke Baznas untuk membantu sesama. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kepri dan Batam yang telah Melaksanakan kegiatan ini,” tegasnya. (jas)

Loading...