free page hit counter

Makanan Frozen Food, Pilihan Usaha Menjanjikan Saat Pandemi Covid-19

Loading...

Makanan frozen food adalah olahan makanan setengah matang yang dikemas dan dibekukan sedemikian rupa. Pembeli hanya tinggal mengolah kembali dengan cara memanaskannya.

Sekarang, manusia semakin kreatif menciptakan makanan frozen food. Nyatanya tak hanya berbahan baku daging sapi atau ayam. Ada juga yang mengambil bahan baku sosis dan nuget.

Dikaitkan dengan pandemi Covid-19, mulai banyak bermunculan warga yang menekuni usaha ini. Hal ini karena konsumen memang lebih menyukai hal yang sangat praktis.

Jika harus keluar rumah, yang perlu dikhawatirkan ialah kondisi sekarang yang mengkhawatirkan. Apalagi jika konsumen tinggal di daerah dengan status zona merah atau banyak positif Covid-19.

Sejarah Lahirnya Makanan Frozen Food

Foto – pixabay/fotoblend

Clarence Birdseye dikenal sebagai bapak makanan beku atau Father of Frozen Food. Warga Amerika ini pernah bekerja di Labrador, Kanada. Hobinya memancing sehingga suatu ketika ia berpikir untuk mempelajari bagaimana mengawetkan ikan hasil pancingannya.

Ia terinspirasi dari orang Eskimo yang memancing ikan dari lubang es dan membiarkan ikan tangkapan membeku di es. Saat es mencair kondisi ikan tadi masih cukup segar. Birdyese pun bereksperimen.

Pria ini kemudian kembali ke Amerika dan mendapati banyak ikan hasil tangkapan membusuk dahulu sebelum dijual ke toko. Karena paham ilmunya, ia pun membekukan ikan-ikan tersebut.

Tahun 1923 Birdyese mendirikan perusahaan makanan beku bernama Birdseye Seafood. Namun hasilnya tak sesuai harapan, makanan frozen food belum populer saat itu. Namun berkat ketekunannya akhirnya perusahaannya berkembang pesat.

Dua tahun kemudian, Birdseye Corporation miliknya pindah ke Gloucester, Massachusetts. Ia pun menemukan pembeku makanan yang lebih canggih sehingga proses pendinginan lebih cepat, kristal es terbentuk dan tekstur pada makanan tidak rusak.

Pada tahun 1927-1929 Birdyese mulai melirik berbagai buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang polong untuk dibekukan. Sukses, produknya membanjiri toko besar maupun kecil.

Menjadi Usaha yang Menjanjikan

Suksesnya perusahaan Birdseye menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan. Cobalah kita tengok, sekarang ini banyak perusahaan industri yang memproduksi makanan beku.

Makanan beku atau frozen food menjadi penyelamat bagi kebanyakan orang. Khususnya mereka yang tak punya banyak waktu untuk memasak makanan. Frozen food menjadi salah satu solusi cerdas. Hanya dengan memanaskannya atau menggoreng ikan, daging, sosis, chicken nugget lalu siap disantap

Diakui, munculnya Pandemi Covid-19 telah meningkatkan angka pengangguran di masyarakat. Tak sedikit pekerja sudah dirumahkan tanpa gaji, di berbagai sektor. Bahkan tak sedikit perusahaan harus mengumumkan kebangkrutannya.

Nah, bisnis makanan frozen food menjadi salah satu pilihan. Beberapa orang yang terkenal sukses di bidang ini justru awalnya bukan dari bidang makanan.

Contohnya Parkia Adventure, sebelum menjual frozen food awalnya pemiliknya, Ronal, adalah pebisnis bidang team building dan outdoor games provider.

Memulai usahanya dengan modal Rp5 juta – Rp10 juta, Ronal mampu mendapatkan omzet hingga Rp30 juta selama 1,5 bulan berjualan.

Kunci Sukses Bisnis Makanan Frozen Food

Foto – pixabay/RitaE

Dari pengalaman Ronal juga pebisnis ini, ada bebarap syarat yang memang harus dijalani agar profit. Yang pertama tentu butuh kesungguhan dan kesabaran.

Justru di saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sebenarnya bisa masuk ke ceruk makanan ini. Apalagi masyarakat juga sudah paham dengan makanan ini, bukan seperti bertahun-tahun sebelumnya atau kala belum ada corona.

Hal lain yang juga harus dilakukan ialah membentuk jaringan. Makanan ini adalah makanan yang diawetkan dengan es. Bisa dibayangkan, jika pembeli menerima makanan frozen foodnya sudah cair tentu tidak mengenakkan.

Karenanya bagi Anda yang tertarik bisnis ini maka harus menyiapkan jaringan. Paling mudah ialah mengajak teman-teman yang dikenal baik untuk ikut berjualan.

Selain itu, yang sudah menjadi keharusan ialah promosi. Dengan bantuan jaringan serta kehadiran media sosial, sebenarnya sudah cukup untuk melakukan promosi.

Biarkan jaringan Anda yang melayani konsumen di sekitarnya, dengan demikian mereka mendapatkab keuntungan. Artinya, jaringan akan dengan semangat terus bekera sama dengan Anda.

Demikian beberapa hal yang patut Anda ketahui jika ingin terjun ke bisnis makanan frozen food. (mat)

Loading...