Cabai Seharga Rp40 Ribu Diserbu Pengunjung Gerakan Pangan Murah Kota Tanjungpinang

Loading...

Suarasiber.com – Cabai merah menjadi komoditas pangan idola kaum perempuan yang paling banyak dibeli setiap kegiatan gerakan pangan murah (GPM) maupun Operasi Pasar Murah (OPM) yang dilaksanakan Pemko Tanjungpinang.

Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan untuk masyarakat begitu murah dibanding pasar tradisional. Seperti GPM di halaman Parkir Areca, cabai merah hanya dijual Rp40 ribu per kilogram (Kg).

Cabai sebanyak 75 Kg yang dijual Didi salah satu pedagang di GPM ludes terjual dalam waktu sekitar 1 jam.

Warga tampak berbondong-bondong berkumpul di stand yang menyediakan cabai yang mendapat subsidi tersebut.

“Kami bawa cabai merah 3 peti itu sekitar 75 Kg, sekitar 1 jam sudah habis,” kata Didi saat diwawancarai.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan,S.Sos mengatakan sejak pukul 07.00 WIB masyarakat sekitar sudah datang ke lokasi GPM untuk membeli sembako.

“Pasti yang dibeli itu kebanyakan beras dan cabai karenanya sangat murah cuma Rp40 ribu sekilo,” kata Hasan.

Hasan melanjutkan pekan depan juga akan kembali dilakukan panen cabai massal oleh 9 kelompok tani dan akan menghasilkan sekitar 1,5 ton cabai. Dan itu akan dijual murah juga nantinya di GPM atau OPM.

“Kemarin kita bantu melalui DIF penanamannya sengaja kita serentakkan, uujar Hasan.

Setelah ini lanjut Hasan, lahan kosong milik pemko akan dirundingkan bersama kelompok tani untuk dimanfaatkan dan ditanami cabai.

‘Akan kita garap dan rembuk dulu dengan kelompok tani,ā€¯tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3), Robert Lukman menyampaikan di GPM itu menjual berbagai kebutuhan pokok seperti Beras SPHP Rp53 ribu per 5 Kilogram (Kg), Beras premium bulok Rp65 ribu per 5 Kg, Beras gaja merah Rp75 ribu per 5 Kg.

Selanjutnya Tepung Tulip Rp 7.500 per Kg, Gula Pasir Rp14 per Kg, Minyak kita Rp 12.500 per liter, Telur nomor 3 Rp52 per papan, Daging beku Rp 80 ribu per Kg dan Sayuran hidroponik Rp5 ribu per pak. (***)

Loading...