Buka TMMD ke-119, Roby Sebut Ini Kolaborasi Pembangunan yang Merata dan Berkelanjutan

Loading...

Suarasiber.com – Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) merupakan salah satu program TNI yang dilaksanakan secara lintas sektor antara TNI dan Departemen, Lembaga Pemerintah non Kementerian, Polri, Pemerintah Daerah, serta komponen masyarakat lainnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menandatangani berkas acara kegiatan TMMD di Bintan, Selasa (20/2/2024). Foto – diskominfo bintan

Pembukaan kegiatan TMMD ke-119 tahun 2024 di wilayah Kabupaten Bintan berlangsung di Stadion Megat Alam Perkasa, Selasa (20/02) yang dibuka langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Menunjukkan berkas kegiatan TTMD di wilayah Bintan yang ditandatangani di Stadion Megat Alam Perkasa, Selasa (20/02). Foto – diskominfo bintan

Adapun Tema TMMD ke-199 “Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Pembangunan Wilayah”. Di mana pada pembukaan TMMD juga di lakukan beberapa kegiatan lain seperri sunatan massal gratis, skrining kesehatan gratis, pelayanan KB gratis dan penanaman 2.000 bibit pohon mangrove di Desa Busung.

Upacara pembukaan TMMD wilayah Bintan tahun 2024 di Stadion Megat Alam Perkasa, Selasa (20/02). Foto – diskominfo bintan

Tak sampai di situ, bahkan akan dilakukan kegiatan penyuluhan belneg dan wasbang, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan bahaya seks bebas dan pencegahan pernikahan dini kepada masyarakat.

Upacara pembukaan TMMD wilayah Bintan tahun 2024 di Stadion Megat Alam Perkasa, Selasa (20/02). Foto – diskominfo bintan

Sedangkan kegiatan utamanya adalah kegiatan fisik semenisasi jalan sepanjang 500 m di Seri Kuala Lobam.

Dalam amanatnya, Bupati Bintan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah akan selalu menyambut baik seluruh pihak yang senantiasa menginisiasi upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Foto – diskominfo bintan

Disampaikan Roby bahwa Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri, sehingga harus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak dalam melakukan pembangunan yang cepat dan merata.

Pemeriksaan personel yang akan melaksanakan TMMD di Bintan. Foto – diskominfo bintan

“Kita tidak bisa kalau berjalan sendiri. Kalau kita lihat rentetannya sejauh ini sangat luar biasa TMMD dari tahun ke tahun. Ini salah satu wujud kolaborasi dan sinergitas yang positif dalam pembangunan yang merata dan berkesinambungan,” ungkap Roby sesaat usai membuka TMMD.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wabup Ahdi Muqsith dan pejabat Forkopimda menghadiri pembukaan TMMD. Foto – diskominfo bintan

Roby berharap dalam kegiatan tersebut dapat memberdayakan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan yang memiliki semangat dan jiwa baru, yaitu semangat dan jiwa yang berintegritas, beretos kerja dan memiliki jiwa gotong royong, sehingga dapat mempercepat jalannya Pemerintahan dan pembangunan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan ramah menyapa warga yang hadir saat pembukaan TMMD. Foto – diskominfo bintan

TMMD ke-119 ini selain sebagai upaya untuk membangun Desa tentunya juga menjadi wadah untuk membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan. Hadir dalam kegiatan ini Danrem 033/WP, Danlanud RHF TPI, Dandim 0315/TPI, Kapolres Bintan, Kepala OPD Bintan beserta undangan VIP lainnya.

Bupati Bintan mencoba pelayanan kesehatan gratis di pembukaan TMMD. Foto – diskominfo bintan

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah program kerja sama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan di pedesaan. Program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1984 oleh Presiden Soeharto sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Berfoto bersama. Foto – diskominfo bintan

Latar belakang lahirnya TMMD dapat dilihat dari beberapa faktor, antara lain kondisi desa yang terpinggirkan, peran TNI dalam pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berfoto bersama. Foto – diskominfo bintan

Sebagian besar desa di Indonesia pada saat itu masih mengalami keterbelakangan dalam hal infrastruktur, pelayanan kesehatan, dan pendidikan. Program TMMD dimaksudkan untuk membantu desa-desa tersebut agar dapat mengurangi kesenjangan pembangunan antara pedesaan dan perkotaan.

Upacara pembukaan TMMD tingkat Bintan dilaksanakan di Stadion Megat Alam Perkasa, Selasa (20/02) yang dibuka langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan. Foto – diskominfo bintan

Sebagai institusi yang memiliki personel, keterampilan, dan sarana yang dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan, TNI dianggap sebagai mitra yang tepat bagi pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan di daerah terpencil.

Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Hafizha Rahmadhani (depan paling kiri) dan sejumlah pejabat terkait menghadiri pembukaan TMMD. Foto – diskominfo bintan

Dengan melibatkan TNI dalam pembangunan desa, diharapkan dapat tercipta sinergi antara kepentingan pertahanan dan keamanan nasional dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Sejak diluncurkan, program TMMD telah menjadi salah satu program unggulan dalam upaya pembangunan di Indonesia. Program ini rutin dilaksanakan setiap tahun di berbagai daerah untuk membantu meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat pedesaan. (***)

Loading...