Penantian 64 Tahun Warga Pulau Buluh Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepulauan Riu H. Ansar Ahmad meresmikan Pengoperasian Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah 20 kV (kiloVolt) di Pulau Buluh, Kota Batam, Sabtu (23/12).

Saluran kabel laut tegangan menengah 20 kV ini merupakan hasil kerja sama Pemprov Kepri dan PT. PLN (Persero) sebagai upaya mendorong program Kepri Terang.

Masuknya listrik ke Pulau Buluh melalui kabel laut dari Sagulung Pulau Batam ke Pulau Buluh, Kelurahan Pulau Buluh Kecamatan Bulang.

Masyarakat menyambutnya dengan raya syukur karena mereka sudah menanti hal ini setidaknya selama 64 tahun.

Gubernur Ansar menyampaikan, sebelumnya 646 pelanggan di Pulau Buluh hanya menikmati listrik selama 14 jam sehari. Kini kapasitas listrik yang tersedia sebesar 360 kW (kiloWatt) dengan daya mampu 220 kW dan beban puncak 204 kW.

“Program PT. PLN (Persero) dan PT. PLN Batam ini sejalan dengan program Provinsi Kepulauan Riau yakni Kepri Terang yang melaksanakan kegiatan seperti Program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) dan Penerima Manfaat untuk penduduk kurang mampu pada tahun 2023 sebanyak 2.748 rumah tangga sehingga total BPBL dari Tahun 2021 sampai dengan Tahun 2023 yang sudah terealisasi sebanyak 9.507 rumah tangga,” kata Ansar.

Selain itu, lanjutnya, Pengadaan dan pemasangan Genset serta jaringan listrik di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di 6 Pulau dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 496 rumah tangga. Kemudian pengadaan dan pemasangan Solar Home System (SHS) di 4 Pulau dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 64 rumah tangga, Revitalisasi JTM dan JTR di Kawasan cagar budaya (Heritage) dan Kota Tua serta Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Kami berterima kasih kepada PT. PLN (Persero) dan  PT. PLN Batam atas kerjasamanya dalam rangka mensukseskan program Kepri Terang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dan tercapainya target Rasio Elektrifikasi (RE) di tahun 2023 Provinsi Kepulauan Riau sebesar 97,5 persen. Melalui program ini semoga dapat meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam rumah tangga, meningkatkan aktivitas belajar bagi anak-anak di malam hari dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” papar Ansar.

GM PT. PLN (Persero) UID Riau dan Kepri Agung Murdifi dalam sambutannya mengatakan bahwa mewujudkan layanan listrik 24 jam di Pulau Buluh ini bukan hal yang mudah, apalagi melalui kabel bawah laut. Oleh sebab itu, setelah peresmian ini, Agung meminta kepada masyarakat Pulau Buluh untuk bersama-sama menjaga semua aset PLN yang ada.

“Kita patut bersyukur karena sekarang Pulau Buluh sudah teraliri listrik 24 jam. Kita sukseskan program Kepri Terang Pemprov Kepri. Dan saya minta kita jaga semua aset PLN yang ada disini, agar layanan listrik 24 jam ini tanpa ada kendala kedepannya,” katanya.

Di tempat ini Gubernur Kepri juga meresmikan pembangunan Balai Adat yang beralamat di RT. 04 RW. 04, Kota Batam Kecamatan Bulang Kelurahan Pulau Buluh senilai Rp900 juta, merupakan usulan aspirasi dari anggota DPRD Kepri Dr. Tengku Afrizal Dachlan.

Ketua RT 04 Pulau Buluh, Muhammad, mewakili warganya berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Kepri di bawah kepemimpinan H. Ansar Ahmad, DPRD Kepri, PLN serta semua pihak yang terlibat.

“Setelah 64 tahun baru ini kami merasakan listrik 24 jam di Pulau Buluh. Sekali lagi terima kasih,” tuturnya. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...