Suara NU untuk Mahfud dan Cak Imin, Besaran Mana?

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Dua tokoh NU dipastikan maju pada Pilpres 2024. Ada Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menjadi cawapres Anies Baswedan, lalu Mahfud MD yang digandeng Ganjar Pranowo.

Lantas, siapa di antara keduanya yang diperkirakan mendapatkan dukungan suara dari warga nahdliyin?

Menarik untuk menyimak pernyataan pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ruli Inayah Ramadhoan. Ia mengungkapkan hasil survei suara NU jelang Pilpres 2024.

Mengutip detikJatim, survei UMM ini berlangsung selama September 2023 dan melibatkan 1.000 responden. Hasilnya, suara NU khususnya di Jawa Timur lebih condong ke Mahfud MD.

“Warga NU memang cenderung memilih Mahfud Md dengan persentase 19,5 persen. Sedangkan untuk Cak Imin sekitar 10,7 persen,” terang Ruli, dikutip Sabtu (21/10/2023).

Sementara nama kedua yang mendapatkan dukungan suara NU ialah Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dengan 14,5 persen. Selanjutnya ada Ridwan Kamil dengan 11,1 persen. Posisi keempat Sandiaga Uno dengan angka 10,9 persen. Cak Imin dengan perolehannya di atas berada di posisi kelima.

Erick Thohir angkanya sama dengan Cak Imin, yakni 10,9 persen. Sementara itu, Gibran Rakabuming memperoleh 4,2 persen.

Disebutkan Ruli, Jawa Timur merupakan wilayah yang sangat seksi untuk meraup suara dengan jumlah daftar pemilih tetapnya (DPT) mencapai 31,4 juta. Berada di urutan ke-2 setelah Provinsi Jawa Barat. (***/eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...