Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle TNI AU Jatuh, Lettu Pnb Allan Syafitra Gugur Dalam Tugas

Loading...

Suarasiber.com – Pesawat tempur T-50i Golden Eagle TT-5009 jatuh di desa Nginggil, Kradenan Blora Jawa Tengah, pada Senin malam (18/7/2022).

Dalam kecelakaan ini pilotnya, Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, S.T (Han) diyatakan gugur dalam menjalankan tugas.

Dikutip dari keterangan resmi via tni-au.mil.id, Selasa (19/7/2022), Allan merupakan perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017 ini.

Sementara melansir kompas.com, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah menjelaskan almarhum seorang istri yang baru dinikahi pada 2021 lalu.

Kecelakaan terjadi saat Lettu Pnb Allan menjalani latihan terbang malam. Pesawat TT-5009 yang diterbangkan, melakukan kontak radio terahir pada 19.07 WIB, dan akhirnya dilaporkan jatuh.

Puing reruntuhan pesawat dilaporkan aparat kewilayahan berada di desa Nginggil, Kradenan, Blora Jawa Tengah.

Tim dari Lanud Iswahjudi, segera diberangkatkan ke lokasi jatuhnya pesawat. Hingga pagi ini tim masih melakukan evakuasi dan pengamanan lokasi.

Saat ini, TNI AU juga telah membentuk Tim Panitia Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) untuk menyelidiki sebab-sebab jatuhnya pesawat terbang.

TNI AU mengucapkan terima kasih atas peranserta aparat kewilayahan dan masyarakat dalam proses evakuasi dan pengamanan di lokasi kejadian, dan mengharapkan apabila masyarakat menemukan bagian pesawat agar melaporkan kepada petugas di lokasi. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...