Pasar Murah Beras SPHP di Tanjungpinang! 3 – 26 Oktober di 9 Lokasi, Cek Lokasinya di Sini

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan menyelenggarakan pasar murah beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Pasar murah dilaksanakan untuk mengendalikan dan menekan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, terutama beras di Kota Tanjungpinang. Jadwalnya, seperti disampaikan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan, S.Sos melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang Teguh Susanto, tanggal 9 – 26 Oktober 2023.

Bukan hanya beras bisa diperoleh masyarakat, melainkan juga gula dan produk produk yang dihasilkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) di setiap kecamatan.

Foto – diskominfo tanjungpinang

“Kenaikan harga beras disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor cuaca ekstrem dan fenomena El Nino. Tanjungpinang bukan daerah penghasil, hingga hal itu sangat berdampak pada kenaikan harga beras. Penjabat wali kota menginstruksikan agar jajaran terkait melaksanakan intervensi, salah satunya melalui pelaksanaan SPHP,” jelas Teguh.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Hasan mengunjungi Bulog dan sejumlah distributor beras.

Secara umum persediaan beras di Kota Tanjungpinang masih mampu mencukupi kebutuhan Masyarakat. Saat ini masih terdapat sekitar 72,8 ton persediaan beras di gudang Bulog Tanjungpinang. Belum ditambah dengan persediaan di tingkat distributor.

Pasokan beras pada kegiatan SPHP, bersumber dari beras medium dan premium Bulog Tanjungpinang yang memang ditujukan untuk mendukung program stabilisasi harga. Ketersediaan beras di pasar dengan harga normal, ucap Teguh, merupakan salah satu bentuk intervensi yang dilakukan pemerintah untuk mengendalikan harga beras di pasar.

Sembilan lokasi yang akan menjadi penyelenggaraan pasar murah beras SPHP di Kota Tanjungpinang ialah:

Kantor camat Bukit Bestari
Kantor DP3
Kantor Camat Tanjungpinang Barat
Pantai Impian
Halaman Areca Water Park
Perumahan Galaxy
Kkantor Lurah Tanjungpinang Kota
Kantor Camat Tanjungpinang Kota
Penyengat.

Informasi mengenai jadwal dan tempat pelaksanaan SPHP, dapat di akses Masyarakat pada situs resmi Pemerintah Kota Tanjungpinang www.tanjungpinangkota.go.id.

Teguh mengingatkan masyarakat untuk menghindari panic buying sehingga membeli berang secara berlebihan. Kondisi itu hanya akan dimanfaatkan mereka yang tidak bertanggung jawab untuk menaikkan harga beras di luar batas kewajaran. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...