UMRAH Juara Umum Festival Pantun Nasional 2023 di Jakarta

Loading...

Suarasiber.com – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Kepri meraih juara umum di Festival Pantun Nasional 2023, yang menyemarakkan Dies Natalis ke-59 Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Lomba berlangsung 14 – 17 Juni 2023 di Gedung Raden Dewi Sartika Kampus UNJ.

Wakil UMRAH berhasil memenangkan juara pertama lomba berbalas pantun kategori kelompok. Mereka adalah Musliha, S.Pd, M.Pd (Dosen Prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH) dan Syarifah Nazla AL Qudsi (Mahasiswa Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMRAH).

Sementara kategori individu, Reni Putri Octaviana (Mahasiswa Pendidikan. Biologi FKIP UMRAH) juga berhasil menjadi juara ke-3; disusul Silvia Berliana Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH di urutan ke-3.

Dengan kemenangan UMRAH ini, UNJ selaku tuan rumah memberikan anugerah cenderamata berupa Buku Pantun Nasihat se-Asean yang bertatahkan nilam pujangga tinta kencana.

Dewan Juriterdiri dari Dr Sam Mukhtar Chaniago, M.Pd., dan Dr. Tuti Tarwiyah, menyanjung dan mengelukan Kontingen UMRAH sebagai role model dalam kepiawaian berpantun, khususnya dalam keindahan diksi/gaya bahasa dan tata cara berlomba.

”Pantunnya indah, bernas, dan berkias. Cara pengungkapan pantunnya juga khas” ujar Sam yang juga penyair.

Suksesnya Festival Pantun ini tidak terlepas dari peran aktif para penggiat pantun dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Hal ini terbukti dari hangatnya sambutan dari perwakilan negara sahabat pada saat acara pembukaaan. Seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura.

Peserta Festival Pantun ini terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari tingkat pelajar, mahasiswa, dan umum. Jumlah keseluruhan peserta adalah sebanyak 403 orang, dengan rincian peserta kategori kelompok sebanyak 276 grup dan kategori individu sebanyak 127 peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Musliha, dosen pembimbing dan sekaligus peserta lomba Festival Pantun Nasional 2023 beserta seluruh kontingen mahasiswa UMRAH yang turut bertanding berharap ke depan UMRAH juga bisa mengadakan kegiatan Festival Pantun Nasional serupa.

Bahkan diyakini mampu lebih baik lagi dalam pelaksanaan, mengingat pantun adalah budaya warisan nenek moyang orang Melayu.

Musliha teman-temannya berterima kasih kepada Pimpinan UMRAH khususnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr Suryadi, MH yang telah memfasilitasi dari persiapan sampai keberangkatan.

“Semoga UMRAH juga bisa menjadi tuan rumah dengan mengadakan Festival Pantun Internasional, mengingat bahwa pantun telah menjadi Warisan Budaya Dunia,” harapan Musliha, dikutip dari laman resmi UMRAH. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...