Semangatnya Murid TK se-Tanjungpinang Senam Bersama Sekda, Ada Acara Dongengnya Juga

Loading...

Suarasiber.com – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang Zulhidayat mengikuti senam bersama dengan anak-anak TK se-Kota Tanjungpinang di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Selasa (6/6/2023).

Senam bersama diadakan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Tanjungpinang ini mengusung tema “Dengan senam profil Pelajar Pancasila anak TK se-Kota Tanjungpinang kita ciptakan generasi sehat, beriman, berkarakter, cerdas, mandiri, bernalar kritis dan kreatif untuk mendukung program transisi PAUD-SD menuju Indonesia merdeka belajar”.

Senam juga diikuti oleh Ketua DPC GOPTKI Kota Tanjungpinang Sulasmi Zulhidayat, Sekretaris Dinas Pendidikan Riawati, kepala sekolah, guru serta anak-anak dari 48 TK se-kota Tanjungpinang.

Sebelum senam juga disampaikan dongeng oleh pendongeng Amrie Poerbha Sayektie atau yang dikenal Kak Aam dan juga diserahkan bantuan buku kepada TK se-kota Tanjungpinang.

Sekdako Tanjungpinang Zulhidayat menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya senam bersama yang digelar DPC GOPTKI Kota Tanjungpinang sempena tutup tahun pelajaran 2022/2023.

“Saya mengharapkan dengan adanya kegiatan senam ini dapat merangsang perkembangan motorik kasar pada anak,” kata Zulhidayat dalam sambutannya.

Menurutnya, jika perkembangan motorik anak membaik tentunya ini akan berdampak terhadap kecerdasan anak-anak dan tentu ini akan sama dengan tujuan dari GOPTKI dalam mencetak generasi unggul di masa depan.

“Selain itu melalui gerakan tubuh yang disesuaikan dengan irama musik akan memberikan kesempatan pada anak-anak untuk mengekpresikan diri mereka,” ujarnya.

Selain itu, Zulhidayat berharap melalui merdeka belajar membuat anak didik khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini merasa bahwa belajar itu menyenangkan, terlebih pada masa transisi PAUD ke SD.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPC GOPTKI Kota Tanjungpinang berserta pengurus telah berupaya mengisi kegiatan tutup tahun pelajaran 2022/2023 Taman Kanak-kanak dengan kegiatan yang dapat mendukung pelaksanaan program transisi PAUD-SD.

“Kedepannya saya berharap DPC GOPTKI Kota Tanjungpinang tetap menjalankan koordinasi dan konsolidasi dengan pemerintah Kota Tanjungpinang dan pihak lain yang berhubungan dengan pendidikan khususnya jenjang pendidikan anak usia dini,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPC GOPTKI Kota Tanjungpinang Sulasmi Zulhidayat menyampaikan, kegiatan tutup tahun pelajaran ini perdana dilaksanakan setelah pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini baru dilaksanakan tahun 2023, setelah selama tiga tahun belakangan tidak dapat melaksanakan kegiatan tutup tahun, akibat terjadinya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia menyampaikan, kegiatan tutup tahun ini berbeda dari yang sebelumnya, yang biasa mengadakan pawai, namun tahun ini diadakan senam bersama. “Mudah-mudahan tahun mendatang kita dapat melaksanakan kegiatan pawai dalam mengisi kegiatan tutup tahun pelajaran,” ucapnya.

Ia berharap melalui senam bersama ini dapat menumbuhkan rasa semangat dan kepercayaan diri kepada anak-anak, selain itu diharapkan menumbuhkan rasa gembira bagi anak.

“Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyampaian dongeng dari Kak Aam, diharapkan menghibur dan menambah keceriaan pada anak-anak semua,” imbuhnya. (***)

Editor Yusfreyendi

Loading...