Kejar Indeks Pembangunan Pemuda, Dispora Tanjungpinang Rakor Lintas Sektor

Loading...

Suarasiber.com – Sekda Kota Tanjungpinang, Zulhidayat menegaskan pentingnya mengejar Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) sebagai bagian dari perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Nah, kita harap dengan adanya koordinasi ini maka IPP itu menjadi meningkat dengan harapan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan IPM di Tanjungpinang,” harapnya.

Hal tersebut disampaikannya saat rapat tim koordinasi lintas sektor tentang penyelenggaraan pelayanan kepemudaan di Kota Tanjungpinang, di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (6/6/2023).

Ia juga menambahkan, bawasanya usulan-usulan Musrenbang pemuda yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, bisa dilakukan oleh OPD-OPD yang bersangkutan melalui rapat ini.

“Usulan musrenbang pemuda yang bisa kita ekseksui tahun ini akan segera dilakukan. Nanti akan dikerjakan OPD dan akan dituangkan dalam bentuk komitmen bersama,” imbuhnya.

Dipimpin Sekda, rapat ini dihadiri oleh Kepala Dispora Efendi, serta sejumlah perwakilan OPD-OPD Pemkot dan Provinsi Kepri.

Kepala Dispora Kota Tanjungpinang, Efendi mengatakan, rapat lintas sektor ini dilakukan, bertujuan untuk mendapatkan efektivitas pelayanan kepemudaan, sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan kepemudaan.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan generasi yang unggul, maka pemerintah setempat dan lintas sektor harus saling bersinergi, dalam membantu pemuda sehingga mampu menghadapi tantangan bonus demografi.

Oleh karena itu, kata dia, salah satu upaya yang harus dilakukan agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka dilakukan dan memperkuat koordinasi strategis. Sebab, pembangunan pemuda mempunyai peran penting dalam mewujudkan SDM yang maju serta berdaya saing.

“Setelah rapat ini, kita akan bentuk tim koordinasi, yang mana kepala OPD yang masuk tim ini bisa mengembangkan kegiatan pemuda dan menyentuh kegiatan disisi kepemudaan,” tutupnya. (***/syaiful)

Editor Yusfreyendi

Loading...