Anak Jalanan yang Putus Sekolah Bahagia Ditawari Masuk SKB oleh Rahma

Loading...

Suarasiber.com – Aidil adalah satu dari sekian anak jalanan di Kota Tanjungpinang. Lama putus sekolah, kini ia memiliki harapan baru untuk bisa sekolah kembali.

Usia Aidil kini 17 tahun. Saat berusia 2 tahun ibunya pergi, kemudian ayahnya meninggal dunia ketika ia beranjak 13 tahun. Selama ini ia menumpang tidur di ruko milik warga.

Ia mengaku sangat senang diberikan bantuan oleh Pemko Tanjungpinang, yang akan menyekolahkannya di SKB. Sebab, dia memang ingin kembali belajar seperti kawan-kawan seusianya.
“Iya senang sekali, terimakasih Bu Rahma sudah membantu mendaftarkan kami ikut paket di SKB,” ujar Aidil sambil tersenyum.

Aidil dan 64 anak jalanan lain dikumpulkan oleh Pemkot Tanjungpinang di Lapangan Pamedan, Selasa (4/5/2021). Mereka menerima nasihat dan bantuan dari Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma SIP.

Bantuan yang diberikan Pemerintah melalui Dinas Sosial Kota Tanjungpinang berupa Telur, susu, milo, sirup, kacang hijau, gula pasir dan roti kaleng.

Dari jumlah tersebut, 8 diantaranya, termasuk Aidil mengalami masalah pendidikan. Rahma mengajak bertemu langsung untuk dmemberikan pengertian dam pembinaan secara psikologis agar mereka mau melanjutkan pendidikannya.

Rahma mengatakan bahwa anak jalanan mempunyai berbagai permasalahan sosial, hingga mengalami masalah putus sekolah.

“Anak-anak ini merupakan binaan Dinas Sosial Kota Tanjungpinang. Dengan berbagai macam profesi, diantaranya penjual koran, pemulung, serta anak-anak yang masih dalam perlindungan hukum, anak yang mendapat kasus pencabutan. Pada kesempatan ini pemerintah memberikan bantuan untuk sedikit meringankan beban ekonomi mereka,” ucap Rahma.

Rahma memberikan pandangan kepada anak yang putus sekolah dengan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), setara dengan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

“Kebanyakan anak-anak jalanan ini menjalani kehidupannya dengan cara menjual koran, mengamen dan bekerja serabutan. saya ingin anak-anak yang putus sekolah bisa kembali sekolah dengan mengambil paket A, B maupun C, setidaknya setelah selesai nanti dapat merubah kehidupannya menjadi lebih baik.” Harap Rahma.

Selain memberikan bantuan, Wali Kota Rahma pun akan mendaftarkan anak-anak jalanan yang putus sekolah ke SKB. Ia pun meminta mereka serius agar ilmu yang diperolehnya bermanfaat untuk bekal hidup. (mat)

Loading...