Mahasiswa Magang Digaji Rp2,7 Juta, Kalau Mentor Rp7 Juta Per Bulan, Cek Link Pendaftarannya di Sini

Loading...

Suarasiber.com – Kemendikbudristek memiliki program berupa Kampus Merdeka dan Kampus Merdeka Vokasi. Hal ini merupakan komitmen pemerintah dalam menyediakan kesempatan bagi puluhan ribu mahasiswa berkegiatan di luar kampus yang melibatkan mahasiswa, dosen, industri, dan masyarakat.

Pada tahun 2022 ini, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyebarluaskan informasi untuk perusahaan anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) tentang adanya Program Magang Bersertifikat.

Informasi ini disampaikan seorang akademisi yang tinggal di Tanjungpinang, Zamzami A Karim kepada suarasiber.com, Rabu (15/12/2021).

Disampaikan oleh Zamzami, Program Magang Bersertifikat ini bakal menyerap ratusan ribu mahasiswa yang bekerja magang di perusahaan-perusahaan.

Dari informasi yang diterimanya, Zamzami menyebutkan mahasiswa peserta magang akan mendapatkan uang saku Rp2.7 juta per bulan.

Sedangkan untuk mentor yang disediakan oleh perusahaan yang mengikuti program ini mendapatkan uang saku Rp7 juta per bulan.

Menurut Zamzami keuntungan bagi mahasiswa dan metor jelas, bisa magang dan berhadapan langsung dengan dunia industri dengan mendapatkan bayaran dari pemerintah.

Sementara bagi perusahaan, memperoleh tenaga magang yang ditanggung pemerintah dan memperoleh calon karyawan yangg sudah teruji.

“Segera sebelum akhir Desember karena registrasi untuk Program 2022 ini akan ditutup,” Zamzami mengingatkan.

Sebelumnya, Nadiem Makarim dalam webinar Kampus Merdeka bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Juni 2021 lalu mengatakan pihaknya telah menyediakan berbagai program di dalam Kampus Merdeka.

Diantaranya magang bersertifikat, program studi independen, program perusahaan dan organisasi kelas dunia/BUMN, kesempatan untuk berbakti melalui Kampus Mengajar, pertukaran pelajar dalam negeri dan pertukaran pelajar internasional.

Dijelaskan Nadiem, kampus Merdeka ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman di dunia kerja secara nyata.

“Ada uang saku dan biaya hidup selama magang, dan disubsidi penuh oleh pemerintah. Kita melakukan ini karena kita tidak ingin anak-anak terhambat hanya karena tidak punya biaya transportasi atau biaya hidup yang mungkin dia harus pindah ke kota besar dan dia tidak punya akses ke situ,” jelas Nadiem.

Kemendikbudristek, lanjut Nadiem telah bermitra dengan 160 perusahaan ternama, dengan pendekatan kerja kelompok dan kurikulum yang dirancang khusus untuk Kampus Merdeka.

Program-program tersebut mencakup topik pembelajaran menarik seperti artificial intelligence (AI), machine learning, cybersecurity, robotics, dan digital product development. Kesempatan partisipasi terbuka bagi semua mahasiswa baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh indonesia.

“Jadi silakan mendaftar di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id,” imbuhnya.

Berikut ini link untuk mendaftar Program Magang Bersertifikat https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Dan ini link bagi perusahaan yang ingin bergabung dengan Program Magang Bersertifikat https://mitra.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Semoga bermanfaat. (eko)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...