PPDB MIN Tanjungpinang Diserbu Calon Siswa, Panitia Buka Pendaftaran Selama 5 Hari

Loading...

Suarasiber.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Ibtadiyah Negeri (MIN) Kota Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai dibuka hari ini, 22 Mei 2023.

Rangkaian pendaftaran hingga pendaftaran ulang bakal berakhir pada 31 Mei 2023.

Kepala MIN Tanjungpinang, Suriyati SAg kepada suarasiber.com di lokasi PPDB, Jalan Ir Sutami Batu 4 nomor 31, Tanjungayun Sakti, Bukit Bestari mengatakan jadwalnya sudah ditetapkan dan masyarakat juga sudah mendapatkan pengumuman melalui media, banner dan brosur.

ppdb min tanjungpinang 2
Antrean di MIN Tanjungpinang saat PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dimulai hari ini. Foto – suarasiber/syaiful

“Pengambilan formulir tanggal 22 – 26 Mei 2023, pengembalian formulir 23 – 26 Mei, pemetaan/seleksi 23 – 26 Mei,” jelasnya, Senin, 22 Mei 2023.

Selain itu ada juga pengumuman pada 30 Mei, daftar ulang pada 31 Mei 2023.

“Tahun ini kami membuka tiga rombongan belajar (rombel),” imbuh Suriyati.

Dilihat suarasiber.com di lokasi, orangtua calon siswa sudah mulai datang sejak pukul 07.00 WIB kurang. Mereka kemudian harus mengambil nomor antre yang dibagikan petugas.

“Nomor antrenya kami bedakan untuk calon siswa laki-laki dan perempuan,” ujar petugas yang membagikan nomor antrean berbentuk kertas dengan warna berbeda.

Orangtua calon siswa lalu masuk ke sebuah ruangan untuk dipanggil berdasarkan nomor antrenya. Satu persatu menuliskan nama mereka, nama anak, tanggal lahir anak, alamat dan nomor ponsel aktif.

Selanjutnya mereka menerima formulir pendaftaran untuk dibawa pulang, diisi lalu dibawa lagi saat pendaftaran.

“Saat pendaftaran usahakan membawa serta putera atau puterinya beserta persyaratan lainnya,” jelas salah satu panitia PPDB MIN Tanjungpinang memberikan arahan.

Menghindari desak-desakan antrean, panitia sengaja melaksanakan jadwal pengembalian formulir dari 23 sampai 26 Mei 2023.

Teknisnya, setiap hari dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB hanya melayani 35 nomor antrean. Dengan demikian, tanggal 23 Mei adalah jadwal pengembalian formulir untuk nomor antre 1 sampai 35, tanggal 24 Mei untuk nomor antrean 36 sampai 70 dan seterusnya.

Namun pendaftaran akan dilakukan kepada siapa yang datang lebih dahulu.

“Misalnya tanggal 23 Mei, kan jadwal untuk nomor antre 1 sampai 35. Kalau yang datang pertama nomor 20 ya itu yang kami layani dahulu, biar tak ada penumpukan,” imbuh panitia.

Ditambahkan oleh Suriyati, syarat pendaftaran ada beberapa poin. Diawali dengan mengisi formulir pendaftaran, usia minimal 6 tahun terhitung 1 JUli 2023, fotokopi akte kelahiran rangkap 2, fotokopi kartu keluarga rangkap 2, fotokopi ijazah RA/TK dilegalisir rangkap 2 (bagi yang ada), pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar dan 2×3 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah.

suriyati sag 66556t
Kepala MIN Tanjungpinang, Suriyati SAg. Foto – suarasiber/syaiful

Foto untuk laki-laki mengenakan baju putih dengan kopiah hitam, sementara untuk perempuan baju dan jilbab warna putih.

Syarat lainnya, fotokopi KPI, PKH, KKS, SKTM rangkap dua (bagi yang ada).

“Jika ada sertifikat atau piagam penghargaan prestasi akademik dan nonakademik tingkat kabupaten/kota silakan disertakan juga,” imbau Suriyati.

Seorang warga Jalan Kuantan yang mendapatkan nomor antrean 20 laki-laki mengaku ingin mendaftarkan anaknya di MIN Tanjungpinang karena sekolah ini belakangan dilihatnya semakin bagus.

“Saya dengar sekolah ini juga akan membuka kelas yang lebih banyak di Batu 3. Semoga anak saya bisa diterima,” ujarnya. (saiful)

Editor Ady Indra P

Loading...