Warga Teluk Bakau Pawai Obor Sambut Ramadan, Pemenangnya Dapat Hadiah

Loading...

Suarasiber.com – Ramadan 1444 Hijriyah tahun 2023 tinggal menghitung hari. Kegembiraan sudah dirasakan jauh-jauh hari, setidaknya bagi warga Kampung Bakau, Gunung Kijang, Bintan.

Masyarakat setempat memiliki tradisi yang dilestarikan hingga saat ini. Pawai obor.

Baru-baru ini, masyarakat menggelarnya, dilepas oleh Ketua BPD Desa Teluk Bakau, Sudario. Titik kumpul ditetapkan di depan kantor desa sehingga mudah.

Selanjutnya, warga berjalan sejauh satu kilometer menuju pelataran Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tiap-tiap orang memegang obor yang menyala di tangan mereka. Dari jauh tak ubahnya kumpulan kunang-kunang, namun dengan cahaya sinar api yang memerah.

“Saya berharap acara ini menjadi agenda rutin Desa Teluk Bakau,” ungkap Ketua Panitia Pawai Obor Desa Teluk Bakau 2023, Anjai Semara.

Pawai obor ini diprakarsai oleh Remaja Masjid Al-Amal.

Sebelum pelepasan, Kepala Desa Teluk Bakau, Wahid menyebutkan pawai obor sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, kami bersyukur acara ini kembali digelar setelah beberapa tahun tidak terlaksana,” ungakpnya.

Sementara Praktisi Pariwisata Bintan yang juga Ketua ASITA Tanjungpinang, Sapril Sembiring yang juga hadir di lokasi mengatakan kearifan kearifan lokal seperti ini mampu menjadi daya tarik wisata.

“Perlu didukung dan dikemas lagi agar mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara,” tuturnya.

Lebih jauh, Sapril memiliki harapan sepanjang Pantai Trikora menjadi daya tarik wisata berbasis masyarakat agar mampu menjadi lokomotif ekonomi.

Melengkapi pawai obor, panitia memasukkan ceramah agama dalam rundown acaranya.

Pawai obor diakhiri dengan penyerahan hadiah bagi peserta pawai terbaik. Sebelum pulang, seluruh warga dan panitia serta perangkat desa serta tokoh masyarakat bersalam-salaman sebagai tanda suka cita menyambut Ramadan. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...