Pakai Cara Ini Jika Jadi Korban Pepet Lecet Diminta Ganti Rugi

Loading...

Suarasiber.com – Belum lama ini beredar video viral yang dibagikan TikTok @boysanbs yang meceritakan bagaimana dirinya menjadi korban mobilnya dituduh menyerempet mobil lain dan diminta ganti rugi. Rupanya ini modus yang mungkin juga bisa Anda alami.

Melansir detik.com, Selasa (20/12/2022) mobil pelaku adalah Isuzu MU-X sementara mobil Boysan adalah Honda Jazz. Kebetulan saat kejadian Boy tengah membuat konten, yang mengemudikan mobilnya keponakannya.

Isuzu itu saat di jalan terlihat sengaja mau nyenggol namun keponakan Boy berhasil menghindar. Tak lama kemudian mobilnya dipepet Isuzu MU-X tadi sehingga berhenti.

“Modus pemerasan di tol, hati-hati jika ada yang mepet dan mengaku mobilnya lecet karena diserempet oleh mobil kita,” tulis @bysanbs, dilansir dari detik.com.

Seseorang yang turun dari mobil Isuzu MU-X memperlihatkan bagian kendaraannya yang lecet, yakni di pintu sebelah kiri. Ia katakan hal itu karena terserempat mobil Boy. Padahal Honda Jazz tak sedikitpun mengalami lecet.

“Disuruh lapor malah ga berani, malah minta ganti rugi diketawain sama pihak polisi karena dari kepolisian pun sudah tau kronologis kejadian sebenarnya,” tulis Boy.

“Beset mobil tidak sejajar dengan kaca spion yg dituduhkan disenggol mobil kita, sedangkan mobil kita sama sekali tidak ada goresan, logikanya dengan gores seperti itu otomatis mobil kita juga tergores parah,” tambah dia lagi.

“Hati hati jangan mau turun mobil, langsung ajak ke kantor polisi guna menghindari pemerasan dari oknum pemeras di jalan tol,” jelas Boy lagi melalui pesan suara.

Bagaimana jika Anda juga mengalami hal seperti Boy? Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana memberikan penjelasan yang sangat bermanfaat.

“Pertama yang harus diperhatikan adalah jaga jarak dengan sekeliling (kanan, kiri, depan) , terutama di kondisi kemacetan dan botol neck. Pasti ada aja pengendara yang agresif atau egois dengan cara mepet-mepet, nah pastikan ada di lajur yang benar dan berhentikan kendaraan untuk memberi ruang ke mereka untuk melintas,” kata Sony.

Kalau ada potensi pengemudi nakal, usahakan kendaraan Anda di lajur yang benar dan dalam kondisi berhenti. Kalau toh terjadi serempatan, seyogyanya difoto setiap sudut yang rusak juga posisi kendaraan. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...