free page hit counter

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara Buka Diklat Calon Paskibraka Kepri Tahun 2022

Loading...

Suarasiber.com – Sekda Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara yang mewakili Gubernur Ansar Ahmad membuka Pendidikan dan Pelatihan Peserta Paskibraka Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 di Ruang Hang Tuah, Hotel Comforta, Tanjungpinang, Kamis (4/8/2022) malam.

Diklat ini diikuti 38 pelajar yang lolos pada seleksi yang diadakan sebelumnya. Rinciannya ialah 12 orang dari Kota Tanjungpinang, 10 orang dari Kota Batam, Bintan dan Lingga masing-masing 4 orang, Kabupaten Natuna dan Karimun masing-masing 3 orang, serta 2 orang dari Anambas.

Dengan komposisi 19 peserta putera dan 19 puteri, semuanya akan menjalani diklat yang dilaksanakan 4 sampai 18 Agustus 2022.

Foto – diskominfo kepri

Sekdaprov Adi mengawali sambutannya dengan menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara, panitia pelaksana, serta tim pelatih dan medis yang telah mendukung, menyukseskan peringatan HUT ke-77 RI pada 17 Agustus mendatang.

“Rasa lelah kita akan terbayarkan setelah pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih dengan lancar nantinya, dan turut bangga kepada adik-adik peserta Capaska,” sebut Sekdaprov Adi.

Pesan juga disampaikan Adi kepada para peserta yang dimintanya terus menjadi sosok yang tauladan ketika kembali dari diklat. Mereka harus mampu menyebarkan nilai-nilai positif positif dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kalian adalah orang-orang terpilih, rasa bangga dari keluarga, sekolah, dan daerah terhadap kalian, jangan kecewakan hal itu,” pesan Sekdaprov Adi.

Sebelumnya, petang harinya peserta melaksanakan acara tantingan. Yaitu melewati gapura berhiasan buah-buahan yang digantung. Prosesi itu bukan hanya sekadar simbolisasi, tapi punya arti yang dalam.

Tantingan juga sebagai simbol dimulainya pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi Paskibraka. Prosesi ini dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaaan dan Olah Raga Provinsi Kepri, Drs Muhamad Iksan MSi.

Latihan Setiap Hari

Foto – diskominfo kepri

Dari jadwal yang dikirimkan ke suarasiber.com, Jumat (5/8/2022), para peserta sudah memulai aktivitas yang padat.

Pukul 04.30 – 05.10 WIB mereka bangun pagi untuk salat subuh bagi peserta muslim dan ibadah lain sesuai agama yang lain.

Dilanjutkan senam pagi dan persiapan pribadi. Apel pagi dan sarapan dilakukan 07.00 – 07.30 WIB. Setelah itu latihan PBB dasar pada pukul 07.30 – 12.00 WIB dan pada 13.00 – 15.00 WIB, jedanya digunakan untuk makan siang.

Latihan PBB Dasar ini juga masih harus mereka ikuti pada pukul 19.30 – 21.30 WIB. Barulah pukul 22.00 04.30 mereka kembali beristirahat.

Ardan dan Faradita Wakil Kepri di Paskibraka Nasional

Rangkaian Paskibraka di Kepri juga digunakan oleh panitia untuk menentukan siapa wakil Kepri di tingkat nasional. Pemprov Kepri melalui Dispora telah mengirimkan calon Paskibraka tingkat nasional.

Ardan Muzaki Yudha Baskhara dan Faradita Dwi Safitri. Foto – istimewa

Kedua nama yang diusulkan ialah Ardan Muzaki Yudha Baskhara dari SMU 1 Tanjungpinang dan Faradita Dwi Safitri dari SMU 4 Kabupaten Karimun.

Mereka akan mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan calon Paskibraka tingkat pusat tahun 2022 pada tanggal 15 Juli sampai 26 Agustus 2022. Keduanya didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora kepri, Abdi Surya Rendra.

Sebelum berangkat, mereka bertemu dengan Kadispora Kepri M Ikhsan. Kala itu Ikhsan memberikan semangat agar bisa mengikuti diklat dan menjaga nama baik daerah.

“Adik-adik sudah melalui seleksi yang sangat ketat, untuk itu adik-adik gunakan momen ini sebaik-baiknya, dan jagalah nama baik daerah,” pesan Muhammad Iksan, pertengahan Juli lalu..

Sementara itu, Abdi Surya Rendra menjelaskan jika Ardan dan Faradita telah menjalani seleksi melalui Dispora yang melibatkan seluruh peserta dari Kabupaten/Kota untuk bersaing menjadi peserta Paskibraka nasional. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...