Seleksi Calon Paskibraka Kepri dan Nasional 2022 Dibuka, Ini 2 Pesan Penting Kadispora

Loading...

Suarasiber.com – Pemprov Kepri melalui Dinas Kepemudaan dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Kepri menyelenggarakan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa (22/3/2022) pukul 14.58 WIB.

Pembukaanya dilaksanakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kepri, Raja Heri Mokhrizal yang mewakili Penjabat Sekda.

Di depan peserta seleksi, Raja menegaskan Paskibraka adalah contoh revolusi mental bagi generasi muda.

“Yang 100 persen Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, antinarkoba, antiradikal, antiterorisme,” ujarnya.

Sementara dua pesan penting disampaikan Kadispora Kepri, Drs Muhammad Ihsan MSi.

Pertama ia meminta agar para peserta menjaga kesehatan. Sekilas, ia melihat secara fisik semua peserta seleksi memenuhi syarat. Salah satunya dari tinggi badan.

“Namun nanti akan dicek apakah data yang diberikan oleh Dispora kabupaten dan kota memang cocok dengan yang dikirimkan. Apa betul-betul memenuhi syarat mengikuti seleksi ini,” imbuhnya.

Kedua, peserta diminta untuk menjalani segala tes dengan perasaan nyaman. Apalagi seleksi ini dilaksanakan di hotel dengan fasilitas yang cukup.

Kadispora Kepri, Drs Muhamad Iksan MSi memberikan motivasi kepada peserta seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Hotel Aston. Foto – suarasiber.com

Untuk membantu agar kenyamanan hati terjaga, pejabat yang pernah menjadi Paskibraka di Pekanbaru tahun 1984 ini ini memberikan tips.

“Hindari stres. Jangan berpikiran peserta lain kelihatannya lebih bagus dan sebagainya. Kemampuan pribadi yang menentukan terpilih atau tidak,” kata Ihsan.

Jadikan Pembuktian Diri

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kepri, Abdi Suryarendra saat berbincang dengan suarasiber.com di lokasi seleksi menyebut momen ini sebagai pembuktian diri.

Para peserta seleksi adalah para siswa terpilih dari kabupaten dan kota di Kepri. Mereka harus siap menjalani segala tahapan seleksi, baik tertulis, wawancara dan sebagainya dari 22 – 25 Maret 2022.

“Ini baru tahap seleksi, siapa yang nanti terpilih akan menjalani diklat menjelang Agustus nanti. Jadikan ini kesempatan membanggakan orang tua, sekolah, teman dan daerah,” pesannya.

Berdasarkan penjelasan PPTK kegiatan ini, Mala, jumlah peserta 62 orang, terdiri dari 31 putera dan 32 puteri.

Rinciannya ialah, perwakilan Kota Tanjungpinang 14 orang, Kota Batam 12 orang, Kabupaten Bintan 8 orang, Kabupaten Karimun 10 orang, Kabupaten Lingga 10 orang, Kabupaten Anambas dan Natuna masing-masing 4 orang.

PPTK seleksi calon Paskibraka Kepri dan Nasional tahun 2022, Malla, berkoordinasi dengan anggota panitia lain demi suksesnya kegiatan. Foto – suarasiber.com

Menurut Malla, dari jumlah tersebut akan dipilih 40 pelajar, 38 diantaranya sebagai Paskibraka Provinsi Kepri dan 2 orang mewakili Kepri ke Paskibraka Nasional yang bertugas di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 nanti.

Dari pantauan di lokasi seleksi, semua peserta tampak penuh semangat. Meski instruktur dari TNI AD, AL, AU dan Polri memberikan arahan dengan suara keras dan tegas, mereka tak kendor untuk mengikuti seleksi.

Sejumlah pejabat tampak hadir pada kegiatan ini, diantaranya Kadispora Bintan, Kadispora Bintan, Hasfi Handra ; Kadispora Tanjungpinang, Agustiawarman, S.Sos; Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Lingga, Rustam; Kabid Pemuda dan Olahraga Dispora Natuna, Khairunnas; kabid dan kasi Dispora Kepri dan tim kesehatan. (zainal)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...