Bagaimana Perkembangan Pembebasan Lahan untuk Jembatan Batam – Bintan? Ini Penjelasan Gubernur Kepri

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan bagaimana perkembangan pembebasan lahan untuk proyek pembangunan Jembatan Batam – Bintan.

Penjelasan ini disampaikannya saat rapat persiapan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023 di mana Kepri tuan rumah, Gedung Daerah, Senin (1/8) 2022).

Rapat juga sekalian membahas perkembangan pembebasan lahan pembangunan Jembatan Batam – Bintan.

Pada kesempatan ini diserahkan 10 sertifikat pembebasan lahan terkait pembangunan Jembatan Batam Bintan di sisi landing point Bintan dari BPN Kepri kepada Pemprov Kepri untuk kemudian diteruskan ke Kementerian PUPR.

“Mengenai perkembangan pembangunan Jembatan Batam – Bintan, saat ini Kementerian PUPR sedang dalam tahap finalisasi dokumen readiness criteria,” tuturnya.

Sertifikat pembebasan lahan yang diperoleh juga sedang dalam proses penyerahan ke Kementerian PUPR. Sisanya akan dikejar sesegera mungkin.

Untuk beberapa titik yang masih belum ada keputusan pengadilan akan terus kita koordinasikan ke BPN.

Pembangunan Kanwil BPN

Di rapat yang sama juga disejalankan dengan penyerahan sertifikat lahan hibah Pemprov Kepri oleh Gubernur Ansar kepada Kakanwil BPN Kepri, Nurhadi Putra.

Peruntukannya ialah pembangunan Kantor Wilayah BPN Kepri di Dompak.

Kakanwil BPN Kepri, Nurhadi Putra menyampaikan terima kasih atas hibah lahan dari Pemprov Kepri. Lahan yang dihibahkan seluas 1,5 hektare.

Nurhadi menambahkan, Provinsi Kepri memiliki ciri khas terkait masyarakat pesisir yang cukup dominan. Dimana sebarannya ada di seluruh kabupaten kota se-Kepri.

Ia berharap saat pelaksanaan GTRA Summit 2023 mendatang akan dapat diserahkan sertifikat lahan kepada masyarakat pesisir sebagai bukti hadirnya negara.

Rapat ini diikuti Kajati Kepri, Gerry Yasid; Bupati Bintan diwakili Asisten I; Kepala Kantor Pertanahan Bintan, Asnen Novizar; Kepala Kantor Pertanahan Tanjungpinang, Bambang Prasongko dan pejabat lain. (zainal)

Editor Nurali Mahmudi

Loading...