free page hit counter

Mahasiswa Universitas Pamulang Sosialisasikan Jari Kreatif, Manfaatkan Waktu Luang Menjadi Uang

Loading...

Suarasiber.com – Universitas Pamulang kembali mengedukasi masyarakat melalui Program Pengabdian kepada masyarakat. Kali ini diajarkan kerajinan tangan kepada anak – anak di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Yayasan Oto Iskandar Dinata.

Kegiatan berlangsung Minggu (15/5/2022) lalu dilaksanakan oleh mahasiswa dan mahasiswi Prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang.

Tema yang diangkat “Sosialisasi jari jemari kreatif dengan memanfaatkan waktu luang di dalam ruang menjadi uang”..

Judul tersebut dipilih karena saat pandemi kita banyak menghabiskan waktu di ruangan. Dan banyak waktu senggang yang kita bisa gunakan untuk hal – hal yang bermanfaat. Contohnya membuat kerajinan tangan yang bisa dijual melalui online.

Pada saat new normal banyak dari kita yang beraktivitas di dalam rumah, hal tersebut membuat kita untuk berfikir bagaimana cara menghabiskan waktu dengan tepat. Salah satu caranya adalah dengan membuat kerajinan tangan.

jari kreatif 2 -8juh7
Penyampaian materi pelatihan jari kreatif dengan bahasa dan gaya yang mudah diterima anak-anak agar bisa membuatnya. Foto – universitas pamulang

Kerajinan tangan sangat mudah dibuat serta juga memiliki nilai ekonomis yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang.

Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan dalam membuatnya karena tidak tau cara membuatnya.
Hal tersebut yang mendorong kami dari Universitas Pamulang untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertempat di Jalan Curug Nomor 02 RT03 RW01 Kelurahan curug, Kecamatan Curug, Kota Depok.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh kelompok kami yang berjumlah 4 orang, yang terdiri dari Ebi Permadi, Rachma Nurdianti, Lestari Putri dan Nur Muhammad Habibi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan acara, yang dilakukan oleh pembawa acara. Selanjutnya sambutan dari pengurus panti asuhan, dosen pembimbing, dan terakhir perwakilan mahasiswa.

Kegiatan ini diikuti oleh 48 anak Panti Asuhan Wisma Karya Bakti, terdiri dari 25 anak perempuan dan 23 anak laki – laki. Hadir dalam kegiatan ini Ibu Endah Finatariani, S.E.,M.M., selalu dosen pembimbing.

Materi yang disampaikan meliputi presentasi singkat tentang kerajinan tangan, bahan – bahan, cara membuat, serta cara memasarkanya.

jari kreatif 3 -0j988787
Peserta yang berhasil membuat kerajinan tangan diberikan hadiah sebagai pmicu semangat mereka agar terus berkarya. Foto – universitas pamulang

Selain presentasi kami juga melakukan praktik langsung untuk membuat kerajinan tangan agar anak memahami dan mengerti serta bisa membuatnya langsung. Anak – anak terlihat ceria dan senang ketika membuat kerajin tersebut.

Kami juga mengadakan semacam lomba, di mana karya terbaik akan mendapatkan hadiah. Ini kami lakukan agar peserta terpacu mengeluarkan ide kreatifnya saat membuat karya kerajinan tangan.

Setelah itu acara kami tutup dengan pembagian hadiah serta dilanjutkan dengan doa dan makan bersama.

“Kami sebagai mahasiswa/i Universitas Pamulang berharap, usai pengabdian kepada masyarakat ini ilmunya bisa dimanfaatkan. Baik saat ini dan seterusnya, sukses dan terus berkarya,” harapan Ebi Permadi.

Penulis: Ebi Permadi, Rachma Nurdianti, Lestari Putri dan Nur Muhammad Habibi.

Loading...