Pembuatan Kalung Masker untuk Didik Kemandirian dan Tingkatkan Prokes di Usia Dini

Loading...

Pada saat ini dunia sedang dihebokan akan hadirnya virus yang berbahaya di mana virus tersebut menyerang sistem pernafasan dan kekebalan tubuh seseorang atau biasa kita sebut sebagai sistem imun.

Penyebaranya pun relatif cukup cepat, karena virus ini dapat menularkan kepada orang lain melalui udara saat seseorang melakukan komunikasi kepada penderita.

Virus ini merupakan jenis virus baru yang ada di dunia kesehatan yaitu jenis corono virus jenis baru yakni (SARS-CoV-2) dan penyakit yang disebabkan virus tersebut disebut Coronavirus disease 2019(COVID 19).

Pertama kali virus ini ditemukan pada tahun 2019 di Wuhan,Tiongkok sekitar pada bulan desember 2019, dan baru mulai masuk ke Indonesia sekitar awal tahun 2020.

Karena penyebarannya yang cukup cepat, Pemerintah Indonesia pun melakukan kebijakan sebagai upaya untuk mencegang lonjakan kasus positif Covid-19. Seperti Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarkat(PPKM), karena pemerintah menyadari bahwa mencegah penularan virus ini tidaklah hal yang mudah.

Karena virus ini baru sehingga membutuhkan banyak penelitian yang relative banyak untuk menemukan obat utuk mengobatin para penderita yang sudah terpapar virus tersebut.

Selain penerpakan PPKM yang berjalan diseluruh Indonesia pemerintah juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan Protokol kesehatan dalam setiap kegiatan diluar rumah.

Pada saat ini pemerintah memberikan pendoman dan Protokol kesehatan dengan sebutan 5M dari poin-poin meliputi Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Serta Mengurangi Mobilitas.

Karena kami menyadari pentingya peran masyarakat untuk membantu mewujudkan program pemerintah dan mencegah penularan covid-19 ini. Mahasiawa Universitas Pamulang Program Studi Ekonomi Akuntansi S1 melalui Kagiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Kami mengambil tema “Meningkatkan Produktivitas dan Kemandiarian dengan Cara Membuat Kalung Maker untuk Meningkatkan Protokol Kesehatan Pada Anak Usia Dini”.

Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021 yang bertempat di Yayasan Sosial dan Panti Asuahan Yatim Piatu Al-Kamilah Serua Depok, yang diurus oleh Ketua Bapak Bahrudin S.Ag.MM serta jajarannya. Kegiatan ini dimulai dari jam 08.00 WIB hingga selesai penyampaian materi.

Tujuan pengambilan tema tersebut karena di masa pandemi seperti ini sosialisai akan portokol kesehatan sangatlah penting agar mengetahui bahaya yang disebabkan oleh covid jika tidak mematuhi protokol kesehatan.

Serta penggunaan masker sebagai salah satu cara mengurangi pencegahan penyebaran covid-19. Namun, anak-anak yang masih sembarangan menaruh masker sehingga akan menyebabkan masker yang kita pakai tidak terjaga kebersihannya lagi.

Lantaran pemberlakuan kebijakan pemerintah mengenai PPKM semua aktivitas sehari-hari seperti kegiatan belajar mengajar pun dari offline atau tatap muka menjadi sistem online.

Dampaknya, nilai produktivitas anak-anak akan semakin berkurang karena hanya melakukan kegiatan di dalam rumah.

Oleh karena itu pembuatan kalung masker ini selain menjaga kebersihan masker juga dapat meningkatkan produktivitas anak selama di rumah untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang positif.

Harapan kami juga dapat menambah penghasilan selama di rumah saja untuk anak anak Yayasan Al-Kamilah. Mereka juga dapat belanjar mandiri melalai kegiatan menabung dari penghasilan sendiri atas penjualan kalung masker. ***

Penulis Mila Rosmita, Kp. Warung Mangga, Kel. Panunggan, Kec. Pinang Kota Tangerang, Mahasiswa
Editor Yusfreyendi

Loading...