Operator Kapal Singapura – Kepri Diminta Turunkan Harga Tiket Demi Genjot Pariwisata

Loading...

Suarasiber.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta operator kapal Kepri-Singapura menurunkan harga tiket untuk menggairahkan dunia pariwisata.

Harga tiket Batam – Singapura saat ini Rp800 ribu pulang pergi.

“Kalau dari Tanjungpinang itu kira-kira Rp1 juta, kalau dengan pajak pelabuhan (seaport tax) di Singapura 7 dolar, dan juga seaport tax di Tanjungpinang perjalanan 2 jam itu Rp1 juta. Ya, mudah-mudahan mereka bisa turunkan itu,” ungkap Gubernur.

Sebelum pandemi, tiket kapal Rp500 ribu.

Dengan harga saat ini Rp800 ribu, menurut Ansar masih dirasa memberatkan.

Gubernur Ansar bertemu dengan perwakilan Sindo Ferry Singapura, Majestic Fast Ferry, Horizon Ferry untuk membahas penurunan harga tiket, Selasa (14/6/2022) lalu.

“Satu dua hari ini saya minta mereka turunkan harga tiket, nanti mereka hubungi kita baru dapat diumumkan,” kata Gubernur Ansar di Batam, Rabu (15/6/2022).

Gubernur pun sudah mengirimkan surat resmi tentang permintaan penurunan harga tiket tadi. Surat ditembuskan ke Menteri Perhubungan RI dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut RI.

Permintaannya tersebut didasarkan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran Pasal 35 Ayat (3) dan dalam rangka menciptakan tarif penumpang angkutan laut luar negeri yang efisien dan terjangkau bagi pengguna jasa di Wilayah Kepulauan Riau.

“Hal ini guna untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang akan berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau,” bunyi isi surat tersebut.

Gubernur Ansar khawatir dengan harga tiket yang demikian tinggi akan memberatkan masyarakat ataupun wisman, sehingga menyebabkan wisman memilih lokasi tujuan dengan harga tiket yang lebih murah.

“Tempat lain itu bisa Johor, Kuala Lumpur atau naik pesawat ke Hong Kong dengan paket-paket tertentu (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...