Menparekraf Sebut Indonesia Kontributor Ekonomi Kreatif Terbesar ke-3 Dunia Setelah AS dan Korea

Loading...

Suarasiber.com – Menparekraf RI Sandiaga Uno menyebutkan jika Indonesia merupakan negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia.

Nomor satu Amerika dengan Hollywood, nomor dua Korea dengan drama korea dan ketiga Indonesia.

ketiga di dunia, nomor satu Amerika dengan Hollywood, nomor dua Korea dengan drama korea dan ketiga Indonesia.

Hal ini disampaikan Sandiaga saat berkunjung ke Nongsa Digital Park, Batam,Selasa (31/5/2022).

Sandiaga menyempatkan diri mendatangi Gedung Kinema Studio, menyaksikan proses shooting film terbaru produksi Nongsa Digital Park.

“Saat ini Indonesia merupakan negara dengan kontribusi ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia,” ujarnya.

Dijelaskannya, KEK Nongsa ini menjadi 1 dari 8 KEK yang ada di bawah Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif. Setiap 2 minggu terus dipantau akselerasi, kemajuan, dan progressnya.

“Kali ini kami melihat secara langsung dan diberitahu baru saja produksi film dari Singapura dan juga film yang berjudul Losmen Melati yang lagi dalam proses shooting karya Pak Mike,” jelasnya.

Kemenparekraf siap all out dalam mendukung tumbuh dan kembangnya industri ekonomi kreatif di Tanah Air. Karena dilihat sumbangsih dari sektor ini telah mencapai lebih dari 100 T rupiah terhadap PDB Indonesia.

Di KEK Nongsa ini terdapat beberapa sub sektor ekonomi kreatif yaitu animasi film, aplikasi digital dan game development.

“Kami dorong inovasi, adaptasi dan kolaborasi dengan semangat 3G yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap semua potensi Online), untuk menghadirkan kebangkitan ekonomi digital sehingga terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, kembali menegaskan bahwa Pemprov Kepri terus mendukung perkembangan KEK di wilayah Provinsi Kepri.

“Pemprov Kepri dukung Nongsa Digital semakin mendunia, Nongsa Digital Park menjadi kebanggaan kita, Nongsa berhasil ekonomi bangkit,” ujar Gubernur Ansar.

Usai peninjauan ini, Sandiaga akan mengikuti pertemuan bilateral dengan Singapura. Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun menitip permintaan agar Singapura membuka juga Pelabuhan Harbour Front agar semakin banyak wisatawannya berkunjung ke Kepri.

“Akan kita koordinasikan dengan kementerian dan lembaga terkait, mudah-mudahan kita finalkan dalam beberapa waktu ke depan,” kata Sandiaga. (zah/masjai)

Editor Yusfreyendi

Baca berita suarasiber.com lainnya di GOOGLE NEWS atau BABE

Loading...