Elektabilitas PDI-P Teratas di Hasil Survei Litbang “Kompas”

Loading...

Suarasiber.com – Litbang Kompas melakukan survei tingkat elektabilitas partai politik (Parpol) dengan hasil PDI Perjuangan (PDI-P) menduduki posisi teratas.

Melansir nasional.kompas.com, Selasa (21/6/2022), survei dilaksanakan pada rentang waktu 26 Mei – 4 Juni 2022.

Elektabilitas tertinggi bagi PDI-P diraih dengan perolehan persentase 22,6 persen.

Pada posisi ke-2 ditempat Partai Gerindra (12,5 persen), Partai Demokrat (11,6 persen), dan Partai Golkar (10,3).

Di luar empat besar di atas, elektabilitas Parpol lain ialah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5,4 persen dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5,4 persen, disusul Partai Nasdem dengan 4,1 persen.

Lalu, elektabilitas dua partai parlemen lainnya, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berada di bawah ambang batas parlemen sebesar 4 persen, yakni PAN (3,6 persen) dan PPP (2 persen).

Elektabilitas partai-partai non-parlemen pada survei ini pun belum menembus ambang batas parlemen.

Parpol tersebut ialah Partai Perindo (3,3 persen), Partai Hanura (1 persen), PSI (0,7 persen), PBB (0,4 persen), Partai Garuda (0,2 persen), dan Partai Berkarya (0,1 persen).

Dalam survei ini, responden yang mengaku memilih partai lainnya 0,6 persen. Adapun yang tidak menjawab ada 16 persen responden.

Responden yang tidak menjawab mengalami penurunan dibandingkan survei Januari 2022. Kala itu mereka yang tak menjawab masih 17,6 persen.

Survei ini diikuti oleh 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Dengan metode ini pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error sebesar lebih kurang 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.(zainal)

Editor Yusfreyendi

Baca berita suarasiber.com lainnya di GOOGLE NEWS atau BABE

Loading...