Ternyata Sedekat Ini Keluarga Prabowo dan Gus Dur, Sudah Sejak Zaman Eyangnya

Loading...

Suarasiber.com – Tak banyak yang tahu jika Prabowo Subianto memiliki kedekatan dengan keluarga almarhum Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid), Presiden ke-4 RI.

Melansir jatim.nu.or.id, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (4/5/2022).

Kedatangannya tersebut dimaksudkan untuk silaturahim dan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Kedatangan Menhan Prabowo disambut langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Ia juga ditemani KH M Irfan Yusuf atau Gus Irfan cucu pendiri NU KH M Hasyim Asy’ari yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra.

Soal kedekatan tersebut disampaikan Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Menurutnya, kedekatan Prabowo dengan keluarga Tebuireng mungkin tak banyak yang tahu. Barulah saat Prabowo menikmati jamuan makan siang di ndalem kasepuhan Ponpes Tebuireng, ia membuka cerita.

“Pak Prabowo bercerita kedekatan keluarganya dengan keluarga Wahid Hasyim, yang tak lain ayah Gus Dur,” kata Sadad, mengutip detikjatim.com.

Dua keluarga ini dekat lantaran rumah eyang Prabowo yaitu Margono Djojohadikusumo dan rumah Wahid Hasyim di Matraman, Jakarta Pusat, lokasinya berdekatan.

Saat itu, Margono Djojohadikusumo dan Wahid Hasyim adalah pejabat tinggi pada pemerintahan Soekarno.

Sadad, menirukan ucapan Prabowo mengatakan, “Eyang putri saya, punya hubungan dekat dengan Bu Wahid, ibu Gus Dur. Mereka secara berkala tiap tiga hari sekali biasanya bertemu. Bu Wahid banyak memberikan pelajaran agama. Eyang putri saya itu NU, baik amalan ibadah atau tradisinya. Ya tahlilan, dan lain-lain.”

Bahkan Prabowo menceritakan, saking dekatnya, saat eyang putrinya wafat, yang memandikan jenazah dan mengkafaninya Bu Wahid.

Prabowo mengatakan hubungan antara keluarganya dengan Gus Dur masih baik sampai saat ini.

Kedekatan lain juga dibeberkan Prabowo. Adik Gus Dur, yakni Gus Sholah pernah menjabat ketua yayasan yang didirikan ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo.

Dengan Gus Dur, Prabowo juga dekat. “Pak Prabowo juga menceritakan kedekatannya dengan Gus Dur. Beliau bilang tukang pijitnya Gus Dur,” ungkap Sadad.

Tak berlebihan jika silaturahmi ke keluarga Gus Dur dianggap Prabowo sebagai pulang ke rumahnya sendiri.

Sadad lantas menyinggung, beberapa tahun silam Gus Dur pernah mengatakan bahwa orang yang paling ikhlas pada bangsa ini, ya Prabowo. Video ucapan Gus Dur ini memang pernah viral.

Soal kedetakan Prabowo dengan keluarga Gus Dur juga disampaikan Gus Kikin.

“Prabowo memiliki hubungan dengan Pesantren Tebuireng sudah lama. Ibu dari Prabowo kenal dekat dengan ibu dari Gus Dur. Selain itu, Prabowo juga mengenal dekat almarhum KH Yusuf Hasyim,” ujar Gus Kikin dikutip dari jatim.nu.or.id.

“Beliau juga sudah berkali-kali mengunjungi Pesantren Tebuireng,” imbuh Gus Kikin. (zainal)

Editor Yusfreyendi

Loading...