free page hit counter

Angkat Kembali Sejarah Seusia 8 Abad, Roby: Bintan Pemula dan Bintan Penyudah

Loading...

Suarasiber.com – Bintan sekarang adalah perjalanan panjang selama 800 tahun, yakni 1160 – 2022. Pemkab Bintan tak ingin sejarah itu dilupakan generasi mendatang.

Itulah yang mendasari semangat Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengangkat kembali sejarah yang dikhawatirkan akan lekang oleh gerusan zaman.

Gagasan Roby ialah membangkitkan wisata sejarah dan budaya di Bintan. Untuk menuju hal itu, dilakukan persiapan, termasuk menyelenggarakan bincang budaya.

Sejumlah tokoh dari budayawan, sejarawan, pakar seni rupa, antropolog diundang untuk bertemu di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan, Selasa (24/5/2022).

Dalam kesempatan ini Roby sempat menyampaikan kalimat yang dikutipnya dari sebuah artikel sejarah.

“Bintan Pemula dan Bintan Penyudah,” ujar Roby.

Kelimat tadi mengandung makna, sejarah bermula di Bintan dan kembali lagi ke Bintan.

Dari pemaparan sejarah yang cukup singkat, Roby kemudian mengajak seluruh budayawan dan sejarawan yang hadir agar sama seiring dan padu pakat dalam mewujudkan harapan ini.

“Bismillah kita mulai niat baik ini. Saya pribadi sangat takjub kadang kalau membaca sejarah-sejarah tentang Bintan. Ini yang harus dunia tahu bahaa perabadan di Bintan sudah dimulai ratusan tahun lalu,” ungkapnya.

Selanjutnya, hal-hal sederhana akan dilakukan, misalnya menampilkan deskripsi singkat tentang sejarah Bintan di pintu masuk objek wisata.

“Khusus di titik-tirik sejarahnya perlahan kita mulai angkat elemen-elemen fisiknya,” tambah Roby.

Dalam diskusi ringan ini pembahasan difokuskan pada sejarah yang sering didengar, bahkan belum pernah didengar banyak orang. Mulai dari sakralnya kawasan Bukit Batu, Tapak sejarah Hang Tuah, makam Waliyullah di Timur Bintan hingga gagahnya Tambelan di masa penjajahan Portugis. (zainal)

Editor Yusfeyendi

Baca berita suarasiber.com lainnya di GOOGLE NEWS atau BABE

Loading...