2 Orang Ini Gunakan Gesper untuk Mencuri Uang dari Kotak Amal di Vihara

Loading...

Suarasiber.com – Segala cara dan alat digunakan sejumlah orang untuk mencuri uang. Termasuk menggunakan gesper (ikat pinggang) seperti yang dilakukan dua karyawan Vihara Dharma Bhakti, Glodok, Jakarta Barat.

Kedua orang itu berinisial AK (31 tahun) dan KP (22 tahun). Keduanya bekerja sebagai karyawan di vihara itu sebagai office boy dan satpam.

Sebagai karyawan keduanya paham betul kondisi vihara. Termasuk kotak amal berikut isinya yang dikawal dengan CCTv.

Karenanya, sebelum beraksi kedua karyawan itu terlebih dulu memutus kabel CCTv dengan mengguntingnya.

Setelah kamera pengawas itu mati, barulah keduanya beraksi. Dan dilanjutkan dengan mencongkel kotak amal dengan obeng.

“Pelaku mengambil uang di kotak amal dengan menggunakan gesper yang dililit dengan double tip.

Supaya uang dalam kotak amal tersebut menempel pada saat ditarik,” kata Kapolsek Metro Tamansari AKBP Rohman Yonky Dilatha kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Aksi kedua karyawan terungkap berawal dari saat Shirley Wijaya selaku pengurus Vihara melakukan pengecekan terhadap kotak amal milik vihara yang berada di dalam brankas.

Shirley menemukan kerusakan dan uang tunai sekitar Rp5 juta di dalam brankas sudah hilang. Dia pun langsung melaporkan ke polisi.

Penyelidikan polisi mengarah ke kedua orang karyawan itu. Dan setelah dilakukan pemeriksaan keduanya mengakui perbuatannya. Kini, keduanya sudah ditahan polisi dan terancam hukuman 5 tahun penjara.

“Uang hasil curian telah dibagi kepada para masing-masing pelaku dan habis dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Yonky. (eko)

Editor Yusfreyendi

Loading...