Pria Ini Pernah Hanya Punya Duit Rp35 Ribu, Kini Hartanya Rp50 Triliun

Loading...

Suarasiber.com – Aoakah Anda mengenal Romesh Wadhwani? Jika belum kisah hidupnya pantas dijadikan inspirasi. Keterbatasan bisa menjadi sukses tak terbatas.

Melansir Forbes, Romesh Wadhwani merupakan Chairman SymphonyAI. Mengawali usahnya dengan susah payah, kini lelaki 74 tahun asal Pakistan ini sukses di Amerika Serikat.

Kepada Forbes Romesh Wadhwani menceritakan bagimana ia membalik kehidupannya. Kini Symphony AI adalah raksasa yang membawahi sembilan perusahaan di bidang retail, jasa manufacturing, dan finansial.

Symphony AI bukan satu-satunya, karena Romesh juga bos ConcertAI, perusahan yang fokus pada jasa kesehatan. Klien-kliennya bukan sembarang, karena Pfizer dan Janssen ada di dalamnya.

Pada tahun 1972, Romesh yang baru lulus dari Indian Institute of Technology memutuskan merantau ke Amerika. Tujuannya ialah menempuh pendidikan S3 di Carnegie Mellon.

Romesh menjalani kehidupannya yang serba terbatas sebagai mahasiswa. Bahkan ia mengaku pernah hanya punya uang setara dengan Rp35 ribu.

Ia harus pintar menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi mahasiswa asing sepertinya menimbulkan rasa penasaran.

Romesh mengaku perjalanannya tidak pernah mudah. Ia tak hanya sekali dua kali terjatuh.

“Aku menempuh ratusan rintangan dalam karier berbisnisku,” ungkapnya, mengenang masa susah.

Disebutkannya, kemampuan untuk berprestasi tanpa latar belakang keluarga, etnis atau status sosial menjadi penghalang di jalan. Baginya, itulah definisi tentang mimpi Amerika.

Ia mulai punya uang saat menjual perusahaan software B2B, Aspect Development dalam bentuk saham kepada i2 Technologies di 1999.
Berikutnya, pada 2017, di usia yang sudah tergolong tua, imigran ini mulai membangun Symphony Technology Group.

Romesh tak sungkan-sungkan menanamkan uangnya sendiri sebesar 1 miliar Dolar Amerika untuk mengembangkan SymphonyAI. Memang ia belum mengeluarkan uangnya sendiri sebanyak itu.

Namun pendapatan perusahaannya rahun lalu sudah mencapai $220 juta dan diperkirakan akan tembus $300 juta tahun ini

Kini Forbes memperkirakan hartanya mencapai $3 miliar yang setara dengan 50 triliunan jika dirupiahkan. (eko)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...