Serahkan 6 Pompong Nelayan, Bupati Lingga Memuji Kinerja DKP

Loading...

Suarasiber.com – Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyerahkan enam unit bantuan pompong kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan, Kamis (18/11/2021).

Penerimanya ialah kelompok nelayan Desa Pulau Duyung dan Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare. Empat biji untuk Pulau Duyung dan sisanya untuk Desa Mensanak. Pompong bantuan diharapkan menjadi perangkat pendongkrak perekonomian masyarakat.

Kepada para nelayan, Nizar mengatakan tak hanya memberikan pompong. Lebih dari itu, Pemkab Lingga akan membina nelayan.

“Laut salah satu sektor unggulan yang harus memberikan kontribusi maksimal terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Nizar.

Pemerintah menganggarkan Rp1,1 miliar rupiah APBD untuk bantuan ini.

“Saya merasa bangga, meski zaman pandemi Covid-19, namun DKP mampu menjalankan program-program kegiatan sebagai dinas unggulan,” Nizar memuji Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Lingga.

Meski begitu, Nizar meminta tidak berpuas diri. Karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

Nizar pun tak ingin bantuan pompong kali ini berakhir dengan kekecewaan. Ia menyebut sudah banyak bantuan sebelumnya, namun hasilnya tak tampak.

Karena itulah Pemkab juga memberikan pembinaan agar nelayan penerima bantuan bisa mandiri.

Sementara itu Kepala DKP Kabupaten Lingga H. Kasiman menegaskan, total bantuan kapal melalui DAK Pemkab Lingga sebanyak 70 KUB.

Nelayan penerima bantuan diminta belajar mengelola keuangan, salah satunya dengan mencontoh KUB yang sudah berhasil. Foto – tengku/suarasiber

“Target 36 ribu ton per tahun yang diinginkan Bupati Lingga sudah tercapai,” terang Kasiman.

Meskipun target tercapai, tetapi masih banyak nelayan yang berada di bawah garis kemiskinan. Jumlahnya 14 ribuan nelayan.

Hal itu menurutnya perlu dicari solusinya agar kedepan, ada perubahan yang lebih baik, dalam kesejahteraan nelayan.

Termasuk dalam pembinaan kepada nelayan ialah bagaimana mengelola keuangan agar hasil hari ini tidak habis saat itu juga.

Kasiman menyebut dengan pelatihan menejemen keuangan ada KUB yang berhasil. Ia mencontohkan KUB Liang Buaya di Desa Tajur Biru memiliki omzet ratusan juta.

“Nah KUB yang barusan kami berikan bantuan pompong bisa belajar juga ke KUB Desa Tajur Biru,” kata Kasiman kepada suarasiber.com. (tengku irwansyah)

Editor Ady Indra Pawennari

Loading...