Sejumlah Kampung Belum Nikmati 4G, Bupati Lingga Temui Telkomsel

Loading...

Suarasiber.com – Sejumlah pejabat tinggi Kabupaten Lingga menyambangi Kantor PT Telkomsel Wilayah Kepri di Batam, Selasa (23/11/2021) siang.

Mereka adalah Bupati, Muhammad Nizar; Wakil Bupati, Neko Wesha Pawelloy; Ahmad Nashiruddin serta beberapa kepala dinas terkait.

Nizar mengusulkan kepada Telkomsel untuk membenahi lokasi-lokasi yang masih membutuhkan penguatan sinyal.

“Juga kami diskusikan rencana pembangunan 32 unit tower yang nantinya sekaligus untuk menunjang kemajuan teknologi serta menghadapi era revolusi 4.0 di Kabupaten Lingga,” ujar Nizar.

Telkomsel juga diberitahu belum dapat difungsikannya secara maksimal menara telekomunikasi setinggi 72 meter yang berada di Pulau Pekajang.

Sinyal 4G yang dinantikan masyarakat belum dapat sepenuhnya meng-cover Desa Batu Belubang karena terhalang oleh bukit. Bahkan sinyal 4G belum sampai ke Desa Kudung, Tebing, dan Belungkur atau yang berada di Lingga bagian timur.

Selain itu, Diskominfo Lingga mengusulkan kepada pihak Telkom dan Telkomsel untuk melaksanakan ekspansi bentangan kabel Fiber Optic hingga ke Desa Kudung dengan memberikan gambaran rencana dan potensi pada wilayah tersebut.

Menyambut berbagai usulan tersebut, pihak Telkomsel Batam melalui Manager Network Service Batam I Putu Eka Udayana R, mengharapkan kepada Pemkab Lingga melalui dinas terkait untuk bersama-sama melaksanakan survey ke lokasi-lokasi yang masih membutuhkan penguatan signal 4G.

Sebagai informasi, pihak Telkom & Telkomsel dalam waktu dekat akan membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) berbasis Fiber Optic (FO) sebagai back bone untuk menghubungkan Daik dan Dabo.

Saat ini sedang berlangsung proses pembentangan kabel FO darat di wilayah Lingga dan Dabo untuk menghubungkan tower-tower yang dilalui FO sehingga dapat meningkatkan akses seluler menjadi 4G+ dan ditargetkan akan selesai dan siap beroperasi secara menyeluruh pada kuartal ke dua tahun 2022.

Di akhir pertemuan, pihak Diskominfo Lingga menyampaikan akan melaksanakan koordinasi lebih lanjut dengan Telkomsel dan Kementerian Kominfo (BAKTI) terkait rencana perubahan system pada tower mini BAKTI yang semula berbasis V-Sat menjadi Teresterial sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas pada tower mini dimaksud.

Pertemuan ini dihadiri Manager Branch Telkomsel Batam, Hasanul Haq; Staff District Operation Telkomsel Tanjungpinang, Wayan Agus Sudiatmika; Coorporated Account Telkomsel, Aswin Farista dan Account Manager Gov Witel Rikep Telkom, Aruqmaana Rasyid. (rls)

Editor Yusfreyendi

Loading...