free page hit counter

Kelola Internet, Omzet Bumades Ini Rp60 Juta Sebulan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Orang-orang kreatif lahir dari desa. Setidaknya hal ini untuk menggambarkan para pelaku Badan Usaha Milik Antar Desa (Bumades) Panca Mandala yang memilih jasa jaringan komunikasi sebagai bidangnya.

Tak salah bila Kemendes PDTT menyelenggarakan kuliah online dengan Topik Praktik Sukses Bumades Panca Mandaola belum lama ini.

Kuliah online ini menghadirkan Kepala Balilatfo Kemendes PDTT Eko Sri Haryanto, Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Pedesaan Ditjen PKP – Kemendes PDTT Luthfy Latief dan Dir. Bumdesma Pancamandala, Irman Meilandi.

Mengapa harus Bumades Panca Mandala? Suarasiber mendapatkan informasi yang dilansir dari jabarprov.go.id, Panca Mandala bisa disebut sebagai Bumades pertama di Indonesia yang bergerak di bidang penyedia jasa jaringan komunikasi internet.
Irman Meilandi menceritakan, awal pembentukan Bumades Panca Mandala berawal dari pembentukan usaha desa namun terkendala jaringan internet.

“Awalnya kita membantuk badan usaha yang bergerak di bidang produk unggulan lokal seperti hasil bumi dan lain-lain. Pada perkembangannya kami kesulitan memasarkan hasil produk dan mencari informasi untuk mengembangkannya. Maka lahirlah usaha penyedia jaringan komunikasi terutama internet, yang justru menjadi produk utama kami saat ini,” katanya di Tasikmalaya, Agustus 2019 silam.

Menurut Irman, perusahaannya saat ini melayani permintaan pemasangan jaringan internet untuk desa-desa yang ada di kecamatan bahkan se-Kabupaten Tasikmalaya.

“Banyak permintaan dari desa-desa bahkan rumah atau perseorangan untuk pemasangan jaringan inrernet baik itu hardwere, softwere termasuk juga pembuatan tower untuk antena internetnya,” papar Irman.

Bumades Panca Mandala sudah berjalan kurang lebih 2 tahun dan kini omsetnya sudah mencapai lebih dari Rp 60 juta per bulan. Bumades Panca Mandala merupakan badan usaha milik 6 Desa di Kecamatan Jati Waras.

Dinas Kominfo Jabar berperan dalam pengembangan Bumades bidang penyediaan jaringan awal untuk internet dalam program WiFi Desa atau Sapa Warga. Kadiskominfo Jabar Setiaji menegaskan, ingin menunjukkan contoh keberhasilan Bumades Panca Mandala ke para kepala diskominfo se-Jabar dalam Rakor diskominfo se-Jabar di Tasikmalaya.

“Saya ingin ada metode berbeda dalam rakor kali ini, di mana para peserta Saya ajak berkunjung ke sini untuk memberi inspirasi baik,” katanya.

Menurutnya itu sesuai dengan salah satu program prioritas Gubernur tentang digitalisasi desa. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...