free page hit counter

Sudah Daftar Anugerah Desa Wisata Belum?

Loading...

Suarasiber.com – Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelanggarakan anugerah desa wisata. Pendaftarannya mulai 7 Mei – 26 Juni 2021.

Dilansir dari Instagram Kemenparekraf, Selasa (4/4/2021), Desa wisata diharapkan menjadi lokomotif kebangkitan sektor Parekraf.

Kemenparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024, dengan harapan bisa melebihi target yang dicanangkan mengingat besarnya potensi desa wisata dimana tercatat ada 74 ribu desa di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kemenparekraf telah memetakan ada 1.200 potensi desa wisata di tanah air yang siap dikembangkan secara berkelanjutan karena memiliki nilai kearifan lokal dan budaya yang kuat.

Bagi masyarakat atau pelaku Parekraf yang ingin bergabung ke dalam jaringan desa wisata resmi di Indonesia, dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi Jaringan Desa Wisata di jadesta.com.

Dilihat suarasiber dari laman resmi jadesta.com, sejumlah desa wisata sudah didaftarkan dan dinilai oleh para pengguna.

Diantaranya Desa Wisata Batulayang Kebupatan Bogor, Desa Wisata Karangrejo Kabupaten Magelang, Desa Wisata Kandri Kabupaten Semarang, Desa Wusata Jatimulyo Kabupaten Kulon Progo dan sebagainya.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, kriteria penilaian meliputi tata kelola, ekonomi lokal, budaya dan pelestarian lingkungan.

Kapan desa wisata kalian masuk sobatsiber? (man)

Loading...