free page hit counter

Batam Segera Miliki 7 Orang sebagai Tim Ahli Cagar Budaya

Loading...

Suarasiber.com – Pemkot Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mengirim tujuh calon Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Batam mengikuti kegiatan Sertifikasi Ahli Cagar Budaya Kota Batam untuk Skema Ahli Cagar Budaya Pratama.

Sertifikasi ini diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P2 Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). di Jakarta.

“Alhamdulillah TACB Kota Batam sudah selesai mengikuti kegiatan sertifikasi TACB,” kata Ardiwinata, Kepala Disbudpar Kota Batam, Sabtu (1/5/2021), dilansir dari lawam resmi Pemkot Batam.

Mengapa kehadiran tim ahli penting, karena menurut Ardi, Kota Batam memiliki 25 cagar budaya. TACB nantinya memberikan rekomendasi penetapan pemeringkatan dan penghapusan cagar budaya.

“Maka dari itu Anggota TACB harus bersertifikasi dan mempunyai kemampuan dalam menilai dan memberikan rekomendasi kepada walikota, gubernur bahkan sampai ke tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Lewat ahlinya, kelak semua cagar budaya di Batam terdidentifikasi. Lalu diklasifikasi, ditetapkan lalu ujungnya dimanfaatkn sebagi ladang ilmu pengetahuan dan kesejahteran masyarakat.

Pemkot juga tak menutup kemungkinan bisa memunculkan historical tourism sebagai pendulum bagi penguatan menarik kunjungan, di luar shopping, culinary, sport, spa dan entertainment. (man)

Loading...