free page hit counter

Kalahkan Guardiola, Si Gila Bielsa Ajarkan Cara Bermain Bola Efektif

Loading...

Bikin Guardiola Takluk

Suarasiber.com – Marcelo Bielsa pelatih Leeds United yang populer dengan sebutan Si Gila, sukses menekuk Man City dengan skor tipis 2-1, Sabtu (10/4/2021).

Menang dan kalah dalam sepakbola adalah hal biasa. Begitu juga kemenangan Leeds atas Man City tersebut.

Namun ada dua hal yang membuat kemenangan itu terasa berbeda. Pertama, karena Leeds adalah tim promosi atau baru masuk kompetisi Premier League musim ini.

Meski baru masuk kompetisi utama, namun Leeds saat ini mampu duduk di posisi 9 klasemen sementara.

Kedua, karena Leeds hanya bermain dengan 10 orang sejak babak kedua dimulai, saat mengalahkan Man City. Karena, beknya kena kartu merah.

Bukannya panik, Marcelo Bielsa Si Gila yang diidolakan Pep Guardiola, tetap tenang. Maklum saja karena Bielsa terbiasa menerapkan puluhan sampai ratusan strategi saat berlatih.

Kekurangan jumlah pemain, Bielsa membuktikan hasil latihan yang selalu dilakukan. Dia pun langsung mengubah formasi timnya menjadi 5-4-0.

Tanpa penyerang tapi semua pemainnya memang dilatih untuk menyerang. Semuanya dilatih dengan sangat keras dan sangat disiplin.

Dengan formasi yang membuat semua pemainnya berada di dalam dan sekitar kotak penaltinya, pemain Man City sangat sulit melepaskan tembakan.

Semua pemain Leeds menjadi benteng, tapi setiap saat siap menjadi penyerang. Itu yang terjadi saat pemain Man City habis-habisan menyerang dan sedikit lengah, anak asuh Bielsa langsung menyerang balik.

Beberapa kali serangan balik tersebut patah di pertahanan Man City. Sampai akhirnya sebuah serangan balik sangat cepat tak mampu dipatahkan pemain Man City. Dan, Gol.

Gol yang membuktikan efektifitas permainan lebih penting dari pada penguasaan bola. Dengan catatan semua pemain solid dan disiplin. Sesuatu yang selalu ditekankan Si Gila Bielsa ke semua anak asuhnya.

Sebuah komentar bijak disampaikan Bielsa usai pertandingan. Bahwa, dia tidak merasa mengalahkan Guardiola. Baginya, dia dan Guardiola hanyalah manajer dari tim yang berhadapan hari ini. (mat)

Loading...