Mau Tahu Kan? Dari Mana Soni Eranata Dapat Nama Maheer At Thuwailibi?

Loading...

Suarasiberdotcom – Ustaz Maheer At Thuwailibi saat ini sedang menjalani proses hukum terkait cuitannya di Twitter yang menyinggung foto Habib Luthfi. Dari mana sebenarnya ia menyematkan nama tersebut?

Publik tahu jika nama asli Maheer At Thuwailibi adalah Soni Eranata. Berikut ini adalah penjelasan yang bersangkutan soal itu yang dilansir suarasiber dari detik.com yang memewancarainya di Bareksrim, Sabtu lalu.

Kata dia, di dalam kultur orang-orang sunah, orang-orang pesantren ada istilah ‘kunyah’ atau ‘laqab’. Namanya memang Soni, namun laqab-nya atau julukannya adalah Maaher. Dia mengaku mendapatkan nama tersebut dari guru agamanya saat mendalami Al-Qur’an.

Ia pun mengenang masa 4 tahun silam itu, kala menyetorkan hafalan Qur’an saya ke gurunya dengan memakai nada atau gaya Syeikh Maher Al Muaiqly. Ia merupakan salah satu imam Masjidil Haram.

“Kata guru saya, ‘anta Maaher At Thuwailibi’. Jadi sejak itu saya pakai,” jelasnya.

Meski demikian, ia tak menolak jika ada yang memanggilnya Soni. Tak masalah dengan panggilan Soni, Mas Soni, Pak Soni, Ustadz Soni. Karena itu memang nama aslinya.

“Cuma karena kebetulan nama pena saya Maaher, ya orang tahunya itu,” jelasnya.

Dalam wawancara ini Maheer juga mengatakan logat atau nada suaranya yang kasar saat dakwah. Ia berdalih masih terbawa kulur kampungnya di Medan.

Maheer baru pindah ke Bogor enam tahun silam. Karena itu, dia mengklaim sulit mengubah gaya bicaranya. Kecuali sejak SD ia sudah pindah ke Jawa, mungkin gaya bicaranya sudah menyesuaikan.

Soal gaya bahasanya di medsos yang kontroversial, Maaher menyatakan itu adalah bagian dari upayanya berdakwah. Dia mengakui bahasanya kasar jika ada yang menghina Islam.

Namun dalam keseharian dia mengaku lembut, bahkan berkawan dengan orang-orang yang mendukung Jokowi atau Ahok, dua sosok yang kerap dikritisi oleh sosok alumni aksi 212 dan 412 ini. (mat)

Loading...